oleh

Entaskan Kemiskinan Jadi Program Prioritas Pemerintah

YogyakartaDetakpos– Pemerintah menempatkan pengentasan kemiskinan dan kesejahteraan rakyat sebagai program prioritas.

Menurut  Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, semua arah program Kementerian/Lembaga mengarah pada upaya penurunan angka kemiskinan dan kesenjangan sosial masyarakat serta meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Hal itu disampaikan Khofifah saat menjadi pembicara pada dialog nasional “Sukses Indonesiaku” di Pondok Pesantren Mardhotullah Al Islam di Kepek, Wonosari, Gunungkidul,seperti dalam rilis yang diterima dari Humas Kemensos Jumat (25/8/2017).

Dalam acara tersebut, Khofifah memaparkan hasil pembangunan pemerintah selama tiga tahun terakhir ini dalam berbagai bidang yang ujungnya adalah terwujudnya kesejahteraan rakyat.Khofifah menceritakan tentang langkah tegas pemerintah dalam banyak hal.

Mulai dari BBM satu harga di seluruh Indonesia, penenggelaman 317 kapal pencuri ikan sejak oktober 2014, penutupan PT Petral yang disinyalir menjadi sarang mafia migas sehingga saat ini dapat memberikan efisiensi bagi Pertamina Rp 2,75 triliun hingga pengelolaan blok Mahakam oleh Pertamina.

Selanjutnya, peningkatan dana desa pada tahun 2015 Rp 20,7 triliun,  2016  Rp 49,9 triliun dan 2017 Rp 60 triliun, redistribusi aset, percepatan sertifikasi lahan. Adapun di sektor kesehatan, pemerintah membuat jaring pengaman bagi 92,4 juta jiwa lewat Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Langkah ini dilakukan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan pada saat sama akan menurunkan kesenjangan sosial. Di bidang pendidikan, lanjut Khofifah, Pemerintah terus berupaya meningkatkan bantuan kepada masyarakat. Seperti kartu Indonesia Pintar yang meng-cover 19,7 juta pelajar, mulai dari tingkat SD hingga SMA.

Dan program beasiswa Bidik Misi untuk mahasiswa S1 yang kurang mampu. Sementara untuk tingkat lanjutan pendidikan tinggi, baik itu S2 dan S3 Pemerintah juga menyediakan beasiswa LPDP di mana mahasiswa Indonesia berkesempatan mengenyam pendidikan di seluruh universitas dalam dan luar negeri.

Khofifah menerangkan salah satu program unggulan pemerintah dalam mengatasi persoalan kemiskinan adalah Program Keluarga Harapan (PKH). Pada 2018 sejalan arahan Presiden, jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) PKH ditambah sebanyak 4 juta KPM, sehingga total mencapai 10 juta penerima.(d2detakpos).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini