oleh

Isi Perangkat Kosong, Warga Desa Lain Boleh Daftar

BojonegoroDetakpos-Warga dari desa lain diperbolehkan mendaftar perangkat desa yang kosong. Namun tetap harus memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Hal tersebut diungkapkan Asisten I Bidang Pemerintahan Joko Lukito kepada Detakpos, Selasa, (8/8/2017). Dia menjelaskan,  pendaftaran pengisian perangkat desa terbuka bagi warga desa dari daerah lain. ‘’Bisa dari desa lain melamar dan ikut proses,’’ katanya.

Dia menjelaskan, mereka dari desa lain yang ikut mendaftar juga mempunyai kesempatan yang sama dengan warga desa setempat. Yang jelas mereka juga harus melengkapi persyaratan pendaftaran sama seprti lainnya.

‘’Kesempatan sama tapi persyaratan harus lengkap,’’ imbuhnya.

Pria yang pernah menjabat sebagai camat Kedungadem itu menyatakan, kecuali untuk jabatan kepala dusun ada pembeda. Di mana, lanjut dia warga dari desa lain boleh mendaftar sebagai kepala dusun dengan catatan melengkapi persyaratan dukungan 25 persen dari dusun setempat.

‘’Jadi ada tambahan syarat dengan dukungan  dua puluh lima persen dari penduduk setempat dan dilampiri foto kopi KTP,’’ imbuhnya.Pria berkacamata itu juga menyatakan persyaratan lainnya sama seperti dengan perangkat desa. Seperti surat keterangan tidak sedang dan pernah menjalani pidana dari Pengadilan Negeri atau juga surat keterangan berkelakuakn baik dari Kepolisian. ‘’Kalau syarat administrasi lainnya yang umum sama,’’ jelasnya.

Dia juga menyatakan, pendaftaran pengisian perangkat desa di Bojonegoro akan dimulai 21 Agustus mendatanag. Di mana pelaksanaan Ujian tulis akan dilakukan 26 Oktober. ‘’Jadi agak mundur dari target semula,’’ jelasnya.

Dituturkan, karena mundur dari target akhir Juli itulah maka pelaksanaan secara keseluruhan juga mundur dari target Oktober tuntas.

Dia menjelaskan dengan tahapan yang sudah ditetapkan ini  maka pelaksanaan seluruh pengisian perangkat desa  di Bojonegoro akan tuntas Nopember mendatang.

‘’Dan paling akhir 21 Desember sudah harus dilantik untuk perangkat desa yang baru.”

Sementara itu jumlah perangkat desa yang kosong di Kabupaten Bojonegoro dari data terakhir mencapai 1.236, terdiri dari 128 jabatan sekretaris desa, kepala dusun sebanyak 141. Sisanya sebanyak 430 adalah jabatan kepala urusan atau kaur. Juga kaur keuangan sebanyak 105 dan kaur umum sebanyak 102 lainnya . Selain itu ada juga kabatan baru kaur perencanaan yang mencapai 200 lebih yang lowong. (d4/detakpos

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini