oleh

Kado Tahun Baru, Angka Kemiskinan di Bojonegoro Turun 0,26%


Pewarta: Jarwati

BojonegoroDetakpos-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Jawa Timur, disebut oleh Badan Pusat Statistik (BPS), berhasil menurunkan angka kemiskinan masyarakat. Penurunannya mencapai 0,26 persen, bila dibandingkan dengan angka kemiskinan pada tahun 2016.

Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Pemkab, Rahmat Junaidi mengatakan, data yang diterima oleh Pemkab dari BPS hari ini, Sabtu (30/12), menjadi kado tahun baru untuk Bojonegoro. Sebab ada penurunan angka kemiskinan masyarakat. Di mana presentase jumlah penduduk miskin tahun ini menjadi 14,34 persen.

“Dari hitungan tersebut memang ada penurunan kemiskinan bila dibandingkan dengan tahun 2016. Karena sebelumnya untuk presentase angka kemiskinan sebesar 14,60 persen. Kemudian untuk tahun ini menjadi 14,34 persen, ” kata Rahmat.

Jumlah masyarakat miskin sendiri sebanyak 180.990 orang di tahun 2016. Kemudian menjadi 178.250 orang di tahun 2017, sehingga menjadikan Bojonegoro di luar 10 besar kabupaten/kota termiskin di Jawa Timur.

“kita juga jauh lebih baik dari Lamongan dan Tuban. Hal ini menunjukkan kenerhasilan pelaksanaan Ekonomi Inklusif di Bojonegoro. Yaitu yang tidal hanya membangun semata mata karena prinsip ekonomi akan tetapi tetap membangun lingkungan, SDM, sistem hukum dan kemasyaratan, pemerintahan yang terbuka pendidikan, kesehatan, sistem sosial, dan  transformasi yang melibatkan 4 sekawan yaitu pemerintah,masyarakat, pengusaha dan akademisi.

“Ini membuktikan keberhasilan Pemkab Bojonegoro di bawah kepemimpinan Kang Yoto. Dalam menjalankan pembangunan yang berbasis Gerakan Desa Sehat dan Cerdas (GDSC), dengan memperhatikan indikator terukur dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan /SDGC. Juga dengan memperhatikan keseimbangan /keadilan pembangunan di desa dan kota hal ini nampak dari indeks” jelas dia

Pemkab juga mengklaim Bahwa pelaksanaan pembangunan tidak timpang. Sebab ada peningkatan kesejahteraan masyarakat, yang terlihat dari penurunan angka kemiskinan.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini