oleh

‘Mbalela’ Enam Desa Belum Rekomendasikan Pelantikan Perangkat

Pewarta : Jarwati

Bojonegoro-Detakpos- Polemik pengisian perangkat desa serentak di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, terus terjadi.

Hingga Jumat (22/12), masih ada enam desa yang ‘mbalela’ belum merekomendasi calon perangkat desa yang mendapatkan nilai tertinggi saat tes tulis.

Selain itu, ada satu desa yang hanya melantik satu perangkat desa, dari tiga perangkat desa. “Data yang masuk pada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro memang masih ada desa yang belum membuat surat rekomendasi bagi calon perangkat desa.

Di antaranya adalah Desa Balongdowo, Desa Sukosewu, Desa Ngampel, Desa Kuniran, kata Asisten I Pemkab Bojonegoro, Djoko Lukito. Lebih lanjut Djoko menjelaskan, dua desa yang belum merekomendasi adalah desa Kedungrejo dan Desa Sukorejo Kecamatan Malo.

Sementara untuk desa yang hanya merekomendasi dan melantik satu perangkat desa, dari tiga lowongan yang ada adalah Desa Jatimulyo Kecamatan Tambakrejo. Alasanya, berdasarkan hasil musyawarah desa.

“Kami akan mendorong agar desa-desa tersebut segera membuat rekomendasi. Sebab nantinya berdasarkan peraturan daerah (Perda) dan Peraturan Bupati (Perbu) ada sanksi bagi desa yang tidak melaksanakan seluruh tahapan pengisian perangkat desa,” jelas dia.

Untuk desa yang sudah melakukan pelantikan bagi perangkat sudah mencapai 351 desa dari total 394 desa yang ikut menyelenggarakan pengisian perangkat secara serentak.

“Rata-rata alasan dari desa yang sudah mengeluarkan surat rekomendasi, tetapi belum melantik karena masih menunggu hari yang bagus menurut kepercayaan dari masyarakat. Sebab adat Jawa mereka masih kental sekali, ” imbuhnya.(detakpos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini