oleh

Mendagri: Perlu Pimpinan Daerah yang Inovatif

JakartaDetakpos– Pemberian penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2018, merupakan momentum kebangkitan bangsa Indonesia dengan diberikan penghargaan kepada daerah-daerah yang telah melahirkan inovasi unggulan.

Dalam hal inovasi, Mendagri Tjahjo Kumolo mengatakan, menurut laporan Global Innovation Index_ (GII) tahun 2018, Indonesia menempati posisi ke-85 dari 126 negara, naik dua peringkat dari tahun sebelumnya yang berada pada ke-87.

Dikatakan, kemajuan Indonesia dalam meningkatkan daya saing nasional akan dapat diperoleh ketika semua daerah bergerak melakukan inovasi di daerahnya masing-masing.

“Untuk melahirkan inovasi di daerah secara keseluruhan, maka dibutuhkan pemimpin unggul yang mampu melakukan terobosan strategis,”tulis Tjahjo Kumolo melaui WA kepada Detakpos, Minggu (9/12).

Pemerintah Pusat, lanjut dia, telah melahirkan regulasi yang dapat dijadikan pedoman untuk daerah dalam melaksanakan inovasi dan mendorong pemimpin daerah untuk menyejahterakan masyarakat melalui peningkatan daya saing daerahnya.

“Pembinaan inovasi daerah, secara umum akan dikoordinasikan oleh Menteri Dalam Negeri,”ungkap politisi senior PDIP tersebut.

Visi inovasi daerah ke depan harus dapat mewarnai gerakan pembangunan dengan filosofi inovasi yang dapat memangkas biaya (cut off cost of the money), memangkas jalur birokrasi yang panjang (cut off bureaucratic path) dan memangkas waktu yang panjang cut off the time. harus terwujud dengan baik dan lebih cepat.

Pemerintah harus menjadi smart government. Hal ini dapat diwujudkan dengan mereplikasi smart city dan smart regional di seluruh Indonesia.

Mendagri menjelaskan, Badan Penelitian dan Pengembangan telah diberi amanat untuk melaksanakan pembinaan umum dan pembinaan teknis dalam bentuk fasilitasi, konsultasi, pendidikan dan pelatihan, serta penelitian dan pengembangan kepada daerah.(dib)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini