oleh

Parigi Moutong Sulawesi Belajar “Smartcity” Ke Gresik

GresikDetakpos – Tim Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, berkunjung ke Kabupaten Gresik, Jawa Timur, untuk belajar pengembangan “smartcity”.

Rombongan yang dipimpin Kepala Bappeda Pemkab Kabupaten Parigi Moutong Moch irfan diterima Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Gresik Indah Sofiana, Kamis (14/12).

Kepala Bagian Humas dan Protokol Suyono, dalam release yang diterima detakpos di Bojonegoro, Jumat (15/12), menjelaskan beberapa hal ditanyakan mulai dari sektor pariwisata, industri, perdagangan, manajemen kepegawaian dan keuangan.

Selain itu, juga berbagai keunggulan daerahnya  dalam mendukung “smartcity” termasuk  penanganan limbah industri juga ditanyakan jajaran pejabat Kabupaten Parigi Moutong.

Kepala Bidang Pengembangan E- Government Dinas Komunikasi dan Informatika Pemkab Gresik Fahry Ady Yamin menjelaskan, pemkab membangun jaringan sejak 2004 diawali di Bappeda.

“Kemudian  2009 pengelolaan jaringan ada di Bagian PDTI Setda Gresik,” katanya.

Lebih lanjut ia menjelaskan pembangunan kabel Fiber Optic (FO) dilaksanakan pada 2010 untuk dilingkungan kantor Bupati Gresik.

Pembangunan kabel FO itu untuk melayani jaringan kecamatan dengan memanfaatkan “wireless” hinga kemudian pada 2012 kabel FO dikembangkan sejauh 5 kilometer.

“Pada 2013 kami mulai mengkoneksikan seluruh OPD. Pada 2015 kami berhasil mengkoneksikan Dinas Perhubungan Gresik sebelah barat dan Dinas Kependudukan sebelah timur,” kata dia menjelaskan. (*/sdm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini