oleh

Pemkab Bojonegoro Berencana Bangun IPAL di Ledokkulon

BojonegoroDetakpos – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Jawa Timur, berencana membangun instalasi pengelolaan air limbah (IPAL) di Kelurahan Ledokkulon, Kecamatan Kota, dengan alokasi anggaran sebesar Rp8 miliar dari APBD 2017.

Kepala Bidang Prasarana Sarana dan Utilitas Umum Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Pemkab Bojonegoro S. Hadi, di Bojonegoro, Jumat (18/8/2017), menjelaskan pemilihan pemasangan IPAL di Kelurahan Ledokkulon, karena di wilayah setempat ada industri tahu.

Dengan adanya industri tahu, lanjut dia, di Kelurahan Ledokkulon, masuk kawasan pemukiman kumuh, sehingga untuk mengatasi permasalahan pencemaran air dan penanganan kawasan kumuh layak dibangun IPAL.

“Adanya industri tahu menghasilkan banyak limbah yang akan berdampak pada pencemaran lingkungan karena tidak dikelola dengan baik, sehingga menjadi kumuh,” katanya.

Sesuai rencana, lanjut dia, pembangunan IPAL yang mampu menampung limbah 770 kubik per hari itu menerapkan sistem pengolahan air limbah terpusat.

“Dengan sistem pengolahan air limbah terpusat ini, maka limbah industri tahu juga limbah domestik,dapat disalurkan  melalui jaringan pipa ke pusat IPAL,” ucapnya.

Proses selanjutnya, kata dia, dilakukan pengolahan limbah di reaktor IPAL sehingga air yang keluar dari pengolahan sudah sesuai baku mutu yang ditentukan.

“Olahan air limbah akan menghasilkan air bersih sesuai baku mutu yang telah telah ditetapkan dalam peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 5 tahun 2014 tentang Baku Mutu Air Limbah.

“Dengan adanya IPAL, diharapkan airnya bisa dimanfaatkan masyarakat untuk pemberdayaan ikan,” ucapnya. (d5/detakpos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini