oleh

Pemkab Bojonegoro Masuk Top 10 Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik

BojonegoroDetakpos
Bertempat di Jakarta Covention Center (JCC), sore ini, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timurr, menerima penghargaan 10 instansi terbaik (Top 10), Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik 2018.

Penghargaan itu diperoleh dalam forum International Public Service (IPS) Forum Tahun 2018 yang digelar Kementerian PAN-RB tanggal 7 hingga 8 Nopember 2018.

Penghargaan yang serahkan oleh Menteri PAN-RB Drs Syafruddin, kepada Bupati Anna Mu’awanah ini diberikan Kabupaten Bojonegoro sebagai lembaga/instansi pengelola terbaik dalam pengelolaan layanan pengaduan masyarakat berbasis online melalui Sistem Pengaduan Pelayanan Pubik Nasional – Layanan Pengaduan Online Rakyat (SP4N – LAPOR).

Kompetisi baru pertama kali digelar ini bertujuan menjaring, mendokumentasikan, mendiseminasikan, dan mempromosikan pengelolaan pengaduan pelayanan publik sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan publik.

Kompetisi ini juga untuk memotivasi penyelenggara pelayanan publik untuk membangun pengelolaan pengaduan pelayanan publik yang terintegrasi, partisipatif, dan dimanfaatkan untuk perbaikan berkelanjutan.

SP4N-LAPOR” Pemkab Bojonegoro, diberlakukan sejak 2014, dan ditetapkan sebagai percontohan pengaduan masyarakat tingkat nasional.

Menteri PAN-RB Asman Abnur menetapkan aplikasi SP4N-LAPOR sebagai percontohan tingkat nasional tertanggal 28 Maret 2018.

Penetapan itu dituangkan dalam surat keputusan (SK) Menpan-RB No. 6 tahun 2018 tentang Penetapan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah Sebagai Instansi Percontohan Dalam Penerapan Aplikasi SP4N-LAPOR Versi 3.0.

SP4N-LAPOR ini merupakan aplikasi baru di bawah Menteri PAN-RB. Sesuai keputusan itu, selama penerapan aplikasi SP4N-LAPOR versi 3.0, maka instansi percontohan akan dibantu tim pendamping dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kantor Staf Presiden, Ombudsman RI dan USAI-CEGAH.

Aplikasi SP4N-LAPOR di daerah Bojonegoro mulai berjalan sejak Juni 2014.

Selama ini pengaduan masyarakat yang masuk selalu ditindaklanjuti, mulai hanya jawaban, juga berbagai tindakkan lainnya.

Sesuai data, sejak diberlakukan aplikasi LAPOR tercatat sebanyak 6.088 pengaduan yang masuk termasuk permintaan informasi dan aspirasi per akhir Maret.

Ia merinci dari pengaduan yang masuk itu untuk pengaduan berbagai permasalahan 69 persen, permintaan informasi 20 persen dan aspirasi 11 persen.

Jumlah pengaduan dari masyarakat yang masuk rata-rata berkisar 20-30 pengaduan per harinya. Pengaduan yang paling banyak terkait infrastruktur, misalnya, jalan rusak, juga bangunan lainnya.

Berkut ini Lembaga/Instasi yang meraih penghargaan Top 10 Pengelolaan Pelayanan Publik Nasional 2018 :

1. BPJS Kesehatan
2. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)
3. Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi
4. Pemerintah Kab. Banyuwangi
5. Pemerintah Kab. Bojonegoro
6. Pemerintah Kota Bandung
7. Pemerintah Kota Cirebon
8. Pemerintah Kota Semarang
9. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah
10. Pemerintah Provinsi D.I Yogyakarta.(d5)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini