oleh

Pemkab Tuban Raih Penghargaan  Bidang Kearsipan

TubanDetakpos– Gelaran Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Kearsipan Tahun 2019 oleh Arsip Nasional  Republik Indonesia (ANRI) di laksanakan di hotel Pangeran Beach, Padang, Sumatera Barat, 27 Februari 2019.

Pada kesempatan ini juga diberikan penghargaan kepada Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah Provinsi atau Kabupaten/Kota yang telah memperoleh penilaian hasil pengawasan dalam kategori sangat baik dan baik.

Pemkab Tuban menjadi salah satu penerima penghargaan tersebut dan masuk dalam kategori baik. Adapun penghargaan ini diserahkan oleh Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kemenpan RB, Rini Widyantini, SH, MPM. kepada Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si. Pada kesempatan ini didampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Joko Prijono, SH, M.Hum.

Menurut Kepala ANRI, Dr. Mustari Irawan, MPA saat ini arsip berperan penting dalam mendukung berlangsungnya pemerintahan, karena itu kegiatan kearsipan harus tertib secara kebijakan, organisasi, dan Sumber Daya Manusia (SDM).

Bahkan untuk saat ini nilai hasil pengawasan kearsipan menjadi salah satu komponen dalam penilaian reformasi birokrasi yang tertuang dalam peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) RI No.30/2018. ” Dari arsip kita bisa belajar mengenai tata kelola pemerintahan dan bahkan kehidupan,” ujarnya.

Saat ini juga sedang dilaksanakan Gerakan Nasional Sadar Tertip Arsip (GNSTA) yang bertujuan membangun kesadaran tentang pentingnya tertib mengelola arsip, mengajak secara bersama menyelamatkan arsip di seluruh kementerian, inastansi dan lembaga hingga ke daerah.

Namun dalam penyelenggaraan kearsipan di Indonesia selama ini belum sepenuhnya memberikan andil dalam proses penyelenggaraan pemerintahan.

Sumber : Media Center
Editor :   A Adib

.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini