oleh

Sejumlah RSUD di Jatim Sandang Predikat Terbaik Nasional

JakartaDetakpos-Sejumlah Rumah Sakit (RS) di Jawa Timur meraih kategori pelayanan terbaik nasional. Predikat tersebut disandang RSUD dor. Soegiri Kabupaten Lamongan, dan RSU Haji Surabaya,

Juga RSUD Bangil Kabupaten Pasuruab, RSUD Dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto, RSUD Kota Malang, RSUD Dr. Soeroto Kabupaten Ngawi dan RSUD Blambangan Kabupaten Banyuwangi.

Sementara masih dari Jawa Timur, Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima adalah RSUD Kabupaten Sidoarjo, dan RSUD dr. Iskak Kabupaten Tulungagung

Sementara itu DPMPTSP Kategori Sangat Baik Nasional dari Jatim
adalah DPMPTSP Kota Malang, Kabupaten Malang, Kabupaten Lamongan, Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan DPMPTSP Kabupaten Banyuwangi.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mengatakan kepemimpinan menjadi kunci dalam menciptakan terobosan untuk meningkatkan pelayanan publik. Inovasi diharapkan dapat membuat pelayanan menjadi lebih cepat dan efektif.

“Prinsipnya pemerintah harus optimal berani membuat inovasi sekecil apapun tujuannya untuk melayani masyarakat. Jadi kuncinya adalah kepemimpinan kepala daerah atau pimpinan yang berani membuat terobosan,” ujar Menteri Tjahjo dalam acara Penyampaian Hasil Evaluasi dan Penghargaan Pelayanan Publik Wilayah II Tahun 2019, di Jakarta, Jumat, kemarin.

Perbaikan pelayanan publik harus meningkatkan kemudahan berusaha. Tak hanya itu, melalui pelayanan publik, pemerintah harus bisa memfasilitasi masyarakat yang terbatas.

Menteri Tjahjo menegaskan, kunci utama perbaikan pelayanan publik adalah komitmen pimpinan daerah dan kepala OPD. Di sisi lain, instansi pemerintah harus bisa memangkas alur birokrasi dan bekerja di luar rutinitas.

Kementerian PANRB menyerahkan hasil evaluasi sekaligus memberikan penghargaan kepada pemerintah daerah di wilayah II. Tahun 2019, ada 73 kabupaten/kota dan 11 provinsi di wilayah II yang pelayanan publiknya dievaluasi oleh Kementerian PANRB.

Pada acara ini Menteri PANRB Tjahjo Kumolo memberikan penghargaan kepada Unit Penyelenggara Pelayanan Publik yang telah dievaluasi dengan kategori nilai Pelayanan Prima (A) dan Sangat Baik (A-). Selain itu penghargaan juga diberikan kepada kepada 4 (empat) Kepala Daerah sebagai Pembina Pelayanan Publik yang berhasil meraih predikat Sangat Baik. Kepala daerah yang meraih penghargaan tersebut ialah Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali, serta Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Sumber: humasmen PAN-RB

Editor: A Adib

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini