oleh

Tuban Masuk Kabupaten Usulan Kenaikan Predikat “BB”

TubanDetakpos – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, Jawa Timur, masuk salah satu kabupaten yang diusulkan memperoleh kenaikan predikat “BB” atau Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) berdasarkan evauliasi Pemprov Jatim, pada 2018.

Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussein, dalam release yang diterima detakpos di Bojonegoro, Selasa (30/10), menjelaskan pemkab sudah menyampaikan paparan SAKIP dihadapan Tim Evaluator dari Kemepan-RB di Surabaya, Sabtu (27/10).

Selain dia, paparan juga dihadiri Bupati Tuban Noor Nahar Hussein, juga jajaran organisasi perangkat daerah (OPD).

Dalam paparannya Noor Nahar Hussein menjelaskan tentang langkah strategis yang dilakukan pemkab dalam mengimplementasikan SAKIP sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014.

Ia juga menjelaskan tentang proses bisnis pemkab meliputi visi, misi, serta tujuan dan strategi yang mengacu pada Permenpan-RB Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2018 tentang Penyusunan Peta Proses Bisnis Instansi Pemerintah.

Ia memberikan gambaran hubungan kerja yang efektif dan efisien antar OPD untuk menghasilkan kinerja yang menghasilkan keluaran yang bernilai tambah.

Adapun ruang lingkupnya meliputi seluruh kegiatan di lingkungan Pemkab Tuban sesuai dengan dokumen rencana strategis (rentra) dan rencana kerja (renja).

“Penyusunan SAKIP 2018 juga telah disesuaikan dengan rekomendasi dari tim evaluator pada SAKIP tahun lalu, dimana Kabupaten Tuban berhasil memperoleh Predikat B, dan harapannya tahun ini Predikatnya bisa lebih baik,” katanya.

Pada kesempatna itu, Bupati Tuban Noor Nahar Hussein menjelaskan manajemen kinerja pemkab diantaranya dengan memperkuat komitmen pimpinan dan penandatangan kesepakatan dan komitmen bersama mewujudkan keberhasilan pelaksanaan SAKIP. (*/d1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini