oleh

20 Babinsa Terbaik Kodim Tuban Ikuti Pelatihan Pekan Pancasila

 

Tuban – Detakpos- “Right or Wrong My Country, lebih lebih kalau kita tahu, Negara kita dalam keadaan bobrok, maka justru saat itu pula kita wajib memperbaikinya”, pesan pahlawan nasional Prof. DR. R. Soeharso tersebut yang disampaikan beberapa tahun silam seolah menggambarkan keadaan Negara Indonesia pada beberapa tahun ini. Ketika keadaan negara dalam keadaan bobrok dan tidak menentu, para generasi muda harus diciptakan untuk menjadi sang penyelamat negara agar NKRI tidak hanya sebuah gambar pulau di peta yang hanya menjadi suatu catatat sejarah generasi mendatang.

 

Sadar akan hal itu Komando Distrik Militer (Kodim) 0811/Tuban menggelar Pelatihan Pekan Pancasila bagi anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang diselenggarakan di Makodim 0811/Tuban. Kegiatan ini diikuti 20 peserta dari Babinsa terbaik Jajaran Kodim 0811/Tuban sebagai Kader Bela Negara Kodim 0811/Tuban.

 

Komandan Kodim 0811/Tuban, Letkol Inf Sarwo Supriyo menyatakan, pelatihan Bela Negara ini merupakan rangkaian dari kegiatan Pekan Pancasila Kodim Tuban, yang bertujuan untuk menciptakan kader bela negara yang selanjutnya diarahkan sebagai tutor, motivator dan inspirator bagi para pelajar SLTP dan SLTA se-Kabupaten Tuban. 

 

“Direncanakan para Babinsa ini akan melatih dan membekali wawasan kebangsaan  para siswa SLTP dan SLTA di wilayah masing-masing kecamatan se-Kabupaten Tuban, sehingga terbentuk generasi muda yang memiliki karakter, kepribadian, nasionalisme yang tinggi serta cinta tanah air,” jelas Perwira Abituren 1995 ini, Kamis (15/6/2017).

 

Pelatihan Pekan Pancasila ini, lanjut dia, merupakan sebuah upaya dari Kodim Tuban dalam membentuk generasi muda calon-calon pemimpin masa depan yang tidak terpengaruh hal-hal yang negatif namun peka terhadap kecenderungan perubahan jaman. 

 

“Sebab tantangan ke depan jauh lebih berat, maka mereka harus dibekali tidak hanya ilmu pengetahuan, teknologi tapi juga kesadaran bela negara disamping pondasi keagamaan yang kuat,” tegas dia. 

 

Selama tiga hari, Rabu (14/6) hingga Jumat (16/5), para Babinsa ini dibekali beberapa materi wawasan kebangsaan (Wasbang) diantaranya materi Bela Negara, Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika, Out Bond dan peraturan baris berbaris (PBB).(d3/detakpos).

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini