oleh

50 Ibu Buktikan Uang Rokok Lebih Baik untuk Makanan Bernutrisi

JakartaDetakpos–Merayakan Hari Ibu 2017, sebanyak 50 ibu di Jakarta berbalapan belanja dan membuktikan bahwa uang belanja rokok seminggu pun, mereka bisa berbelanja makanan bernutrisi lengkap untuk keluarga.

Kegiatan bertajuk ”IbuCerdas” Shopping Race ini diselenggarakan oleh Komnas Pengendalian Tembakau di Pusat Perbelanjaan Hypermart, Pejaten Village, Jakarta.Ini sebagai bagian dari kampanye ”Rokok HarusMahal” untuk mendorong pemerintah menaikkan harga rokok setinggi-tingginya agar keluarga miskin dan anak-anak tidak mampu beli.

Laporan WHO tentang epidemi tembakau global 2017 menyebutkan, harga rokok di Indonesia yang termurah di dunia, yaitu masih ditemukannya rokok dengan harga Rp 5.833 per bungkus.

Badan Pusat Statistik dalam hasil surveinya pada beberapa tahun terakhir menunjukan rokok telah menjadi barang konsumsi terbesar ke dua setelah beras pada penduduk miskin, jauh mengalahkan pengeluaran/belanja lauk-pauk (sumber protein), biaya pendidikan, apalagi biaya kesehatan.

Hal ini sangat memprihatinkan mengingat konsumsi rokok justru menimbulkan beban ekonomi, baik pada skala mikro (keluarga) maupun makro (negara). Seperti yang disebutkan Badan Penelitian dan Pengembangan  Kesehatan Kementerian Kesehatan RI baru-baru ini bahwa beban biaya kesehatan akibat konsumsi rokok telah mencapai Rp 387 triliun per tahun, jauh di atas pendapatan cukai rokok yang disetorkan para perokok per tahun.

Untuk itu, Komnas Pengendalian Tembakau berusaha mendorong agar pemerintah menaikkan harga rokok setinggi-tingginya agar anak-anak dan keluarga miskin tidak mampu lagi membeli rokok. Demikian Humas Komnas PT Nina Samidi.(d2)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini