oleh

ACT: Bantuan Beras Kemanusiaan Tiba di Chittagong Oktober

BojonegoroDetakpos – Aksi Cepat Tanggap (ACT) memperkirakan 2.000 ton beras yang diberangkatkan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa melalui kapal kemanusiaan dari Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur, sampai di Chittagong, Bangladesh, pekan pertama Oktober.

“Perjalanan pengiriman beras dari Surabaya sampai perbatasan Bangladesh-Myanmar cukup lama,” kata Perwakilan ACT di Bojonegoro Gholib MK, Jumat (22/9).

Sebelum itu, kata dia, Khofifah Indar Parawansa dengan didampingi Presiden Ahyudin memberangkatkan kapal kemanusiaan yang berisi 2.000 ton beras dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Sesuai laporan ACT menyebutkan Rabu (20/9), iring-iringan truk pangan kembali menyambangi wilayah Kamp Shamlapur yang dihuni oleh lebih dari 10 ribu pengungsi baru Rohingya.

Konvoi truk pangan disambut Menteri Komunikasi Bangladesh Obaidul Quader.

 Pendistribusian 500 paket pangan  ACT bersamaan dengan kunjungan Obaidul Quader di lokasi pengungsian untuk melihat kondisi sekaligus berbicara langsung dengan para pengungsi Rohingya.

Menurut mitra ACT di lapangan, sudah beberapa hari Menteri Komunikasi Obaidul Quader menyambangi kamp-kamp pengungsian di sekitar perbatasan Bangladesh.

Sebelum mengunjungi Shamlapur, ia telah bertandang ke beberapa lokasi kamp pengungsian seperti Balukhali, Ukhiya, dan Teknaf.

Obaidul Quader adalah menteri senior sekaligus Sekjen Liga Awami, partai yang kini mendominasi kursi pemerintahan Bangladesh.

“Ia (Obaidul Quader) yang yang selama ini mengawas dan memonitor penyaluran bantuan kemanusiaan di kamp-kamp pengungsian di Bangladesh,” kata dia, salah satu mitra ACT yang kala itu membantu proses pendistribusian bantuan di Shamlapur.

Ia menambahkan bantuan pangan dari Indonesia tersebut diterima dengan baik oleh Menteri Obaidul Quader. Ratusan paket pangan itu pun langsung didistribusikan kepada 500 KK pengungsi Rohingya di Shamlapur.

Bantuan yang terdiri dari sembako ini mampu memenuhi kebutuhan 2.000 pengungsi Rohingya hingga sebulan ke depan,” ucapnya. (*/d1/detakpos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini