oleh

Babinsa Prunggahan Tuban Bantu Basmi Hama Jagung

 

Tuban – Detakpos – Babinsa Prunggahan Kulon, Koramil 0811/03 Semanding jajaran Kodim 0811/Tuban Sertu Suntoro membantu kegiatan penyemprotan hama pada tanaman Jagung di lahan seluas 0,5 hektar milik Sunarko anggota Kelompok Tani ‘Makmur’ di Desa Prunggahan Kulon Kecamatan Semanding, Jumat (02/06/2017).

“Pendampingan ini sering saya lakukan, walau hanya secara orang perorang namun dampaknya akan lebih baik bagi petani karena bisa lebih leluasa untuk saling tukar informasi tentang pertanian khususnya tanaman jagung karena daerah Prunggahankulon memang banyak petani jagung dari pada petani padi,” kata Sertu Suntoro disela-sela kegiatan penyemprotan.

Ia berharap, yang dilakukandapat memberikan manfaat bagi para petani di wilayah binaannya.

“Dari kegiatan penyemprotan itu diharapkan tanaman jagung dapat bebas dan terhindar dari hama dan penyakit sehingga tanaman jagung bisa tumbuh dengan normal dan subur sesuai harapan para petani,” katanya.

Sunarko (48), selaku pemilik lahan mengaku senang dengan pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa selama ini kepada para petani.

“Pak Babinsa selama memberikan hasil positif bagi petani, kami berharap pendampingan yang dilakukan para Babinsa dalam bidang pertanian terus berlanjut, sehingga tercipta ketahanan pangan juga kemandirian bagi petani,” kata bapak tiga anak ini.

Pengendalian hama pada tanaman jagung antara lain hawar daun, busuk pelepah, penyakit bulai, busuk tongkol, busuk batang, karat daun, bercak daun dan virus mosaik. Serangan penyakit pada tanaman jagung bisa menyebabkan kerugian bahkan gagal panen.

Selain pengendalian dengan fungisida kimia dan pestisida lainnya, pengendalian penyakit tanaman jagung seharusnya juga dilakukan dengan cara teknis. Pengendalian secara teknis mampu mengurangi biaya penggunaan pestisida kimia sekaligus mengurangi residu bahan kimia pada tanaman. (d3/detakpos).

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini