oleh

Babinsa Sumurjalak Bantu Petani Bangun Saluran Irigasi

TubanDetakpos – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Sumurjalak Koramil 0811/06 Plumpang Kodim 0811/Tuban, membantu pembangunan saluran irigasi kepada kelompok tani (Poktan) ‘Sumber Pangan’ Desa setempat, dalam rangka mewujudkan program upaya khusus (Upsus) swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah.

Babinsa Sumurjalak Koramil 0811/06 Plumpang, Serda Santoso bersama masyarakat Dusun Sumurgung Desa Sumurjalak Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban membantu Poktan ‘Sumber Pangan’ dalam pembangunan saluran irigasi, Rabu (12/7/2017).

Untuk memastikan pekerjaan pembuatan irigasi dilaksanakan sesuai sasaran, maka Serda Santoso melakukan pengecekan dan pendampingan dalam pengerjaannya. Tidak hanya itu saja, Serda Santoso juga ikut turun tangan membantu pengerjaan pembangunan salura irigasi yang dilakukan kelompok tani dengan swadaya tersebut.

“Kami selaku Babinsa harus turun tangan membantu mereka, sekaligus melakukan pengawasan, guna menantisipasi kemungkinan terjadinya penyimpangan,” kata Serda Santoso.

Sementara, pembangunan irigasi yang dikerjakan bersama kelompok tani Sumber Pangan itu dengan volume panjang 70 meter dan lebar 60 cm.

Serda Santoso selaku Babinsa desa setempat sangat mendukung pembangunan saluran irigasi tersebut, hail ini untuk menormalkan aliran irigasi untuk kebutuhan petani.

“Agar saat musim tanam nanti, saluran irigasi tersebut bisa berfungsi secara maksimal mengairi sawah di Dusun Sumurgung Desa Sumurjalak Kecamatan Plumpang, maupun desa sekitarnya, sehingga dapat meningkatkan produktifitas pertanian bagi para setempat dan petani akan lebih sejahtera,” terang Santoso.

Sementara, Sokran (55), salah satu petani desa setempat, mengaku senang dengan pembangunan saluran irigasi ini, karena telah lama lahannya kurang produktif karena sering kekurangan air saat musim kemarau datang.

“Kami sangat senang sekali dengan terealisasinya pembangunan saluran irigasi ini, karena ini merupakan keinginan kami sejak lama. Semoga pembangunan dapat segera selesai sehingga kami dapat mengolah lahan kami yang sudah lama kurang produktif, dan semoga kesejahteraan kami ke depan juga semakin meningkat,” harap bapak tiga anak ini.(Tim/detakpos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini