oleh

Banjir Bandung Surut, 2.149 Jiwa Masih Mengungsi

BandungDetakpos – Kondisi banjir yang melanda daerah langganan banjir di sejumlah kecamatan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, berangsur-angsur surut, Minggu (11/3).

Namun, masih ada 2.149 jiwa dengan jumlah 661 kepala keluarga (KK) warga terdampak yang masih di 23 titik lokasi pengungsian, karena ketinggian air di pemukiman rumahnya belum benar-benar surut.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, dalam release yang diterima detakpos di Bojonegoro, menjelaskan lokasi  pengungsian warga terdampak banjir di Kecamatan Baleendah, Dayeuh Kolot,  dan Bojongsoang.

BPBD, lanjut dia,  belum mendirikan dapur umum, tapi bantuan didistribusikan berupa bahan mentah melalui kecamatan, begitupula dinsos.
 
“BPBD mengalami kesulitan utk mendistribusikan logistik ke warga yang tidak mau mengungsi. Pelayanan kesehatan pengungsi dilayani setiap 2 hari sekali oleh puskesmas kecamatan,” katanya.

Ia menambahkan sebagian besar wilayah yang dilanda banjir sejak 22 Februari akibat meluapnya Sungai Cikapundung, Sungai Cusangkuy, dan Sungai Citarum sudah surut.

Namun, lanjut dia, masih perlu penanganan lebih serius untuk Kecamatan Baleendah, Dayeuh Kolot, dan Bojongsoang, karena terjadi genangan air banjir.

“Saat ini status darurat bencana banjir di Bandung masih pada masa siaga darurat  dan akan dilakukan rapat evaluasi sekaligus koordinasi sebagai tindak lanjut penanganan,” kata dia menjelaskan. (*/d1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini