oleh

Batituud Koramil Semanding Hadiri Acara Peningkatan Kapasitas Satlinmas

TubanDetakpos– Bintara Tinggi Tata Usaha Urusan Dalam (Batituud) Koramil 0811/03 Semanding Kodim 0811/Tuban, Peltu Mitro bersama unsur Muspika menghadiri kegiatan Peningkatan Kapasitas Anggota Satlinmas di Kabupaten Tuban, yang berlangsung Pendopo Kecamatan Semanding, Selasa (11/7/2017).

Pada kesempatan itu, Camat Semanding, Eko Yulianto, menyampaikan bahwa maksud dari kegiatan ini adalah untuk mengoptimalisasi keberadaan Satlinmas di tengah-tengah masyarakat, dengan harapan Linmas di wilayah Kecamatan Semanding ini mampu melakukan pendekatan yang persuasif, edukatif dan parsitipatif dalam masyarakat.

“Tugas pokok dan fungsi linmas misalnya dalam penanggulangan bencana harus mampu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Satuan Linmas harus mampu menjadi pelopor dan penggerak pengamanan swakarsa di tengah-tengah masyarakat. Linmas juga didorong untuk membaur dengan kelompok-kelompok masyarakat guna menciptakan situasi tertib, tentram dan aman di wilayah desa tersebut,” terangnya.

Eko juga menjelaskan, bahwa Satlinmas adalah organisasi yang dibentuk oleh pemerintah desa yang beranggotakan warga masyarakat disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penangananan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana itu.

Selanjutnya, ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan, membantu penanganan ketentraman, ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan Pemilu serta upaya pertahanan negara. 

“Tugas pokok linmas diantaranya sebagai pengamanan swakarsa serta perlindungan dan kenyamanan masyarakat,” imbuhnya.

Sementara, Danramil 0811/03 Semanding melalui Batituud, Peltu Mitro menyampaikan, tugas dan fungsi Satlinmas dimasyarakat langsung sebagai ujung tombak menjaga Kamtibmas bekerjasama dengan pihak Polsek, Koramil dan Kecamatan untuk mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan di wilayah Kecamatan Semanding.

“Anggota Satlinmas harus tanggap, cepat dan siap membantu pemerintah daerah untuk mencegah terjadinya konflik dan penanggulangan bencana serta mengefektifkan kegiatan-kegiatan perlindungan masyarakat terutama membantu penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban masyarakat,” terangnya.(Tim/detakpos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini