oleh

Berbagai Eleman Akan Demo Terkait Ikan Arapaima

SurabayaDetakpos – Berbagai elemen yaitu Ecoton, Indonesia Water Community Practise (IWS), Insitut Perlindungan dan Rehabilitasi Sungai (Inspirasi) da Koalisasi Anti Lupa Ikan Mati Kali Surabaya (Kalaps), akan menggelar demo terkait Ikan Arapaima, Kamis (12/7).

Direktur Advokasi Litigasi Ecoton Rulli Mustika dalam release yang diterima detakpos di Bojongoro, Rabu(11/7), menjelaskan aksi demo akan dgelar di Balai Karantina Ikan Juanda pukul 11.00 WIB.

Di dalam aksi demo, lanjut dia, mendesak adanya penegakan hukum kepada pelaku pelepasan liar ikan Arapaima di Sungai Brantas. “Kami juga mendesak adanya kejelasan statusnya hukumnya,” ujarnya.

“Keterangan palsu yang diberikan GH (pemilik Arapaima Gigas)  terkait jumlah ikan yang dilepas sangat mencemaskan pemerhati dan pelestari Kali Brantas dan Kali Surabaya,” ucapnya.

Menurut dia, tertangkapnya sepasang Arapaima di Kali Surabaya adalah ancaman nyata terhadap kelestarian ikan asli Kali Surabaya, karena status Arapaima sebagai ikan predator dan invasif. 

“Mendorong BKIM juanda realisasi penyitaan ikan Araipama yang dimiliki warga hingga batas waktu 31/ Juli 2018. Selain screening dan evakuasi ikan Arapaima yg berkeliaran di Sungai Brantas dan Kali Surabaya,” kata dia yang juga diperkuat jajaran Ecotan Aziz. (*/d1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini