oleh

BNPB: Organisasi Penanggulangan Bencana Perlu Menekankan Aspek Organisasi

Nusa DuaDetakpos – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei mengatakan BNPB dan BPBD sebagai organisasi penanggulangan bencana perlu menekankan aspek organisasi agar memberikan manfaat untuk rakyat.

“Rakyat menjadi titik fokus dalam perencanaan kegiatan penanggulangan bencana dan selalu berupaya memberikan yang terbaik untuk rakyat,” kata dia dalam rapat kerja nasional (rakernas) penanggulangan bencana di Nusa Dua, Rabu (21/2).

Dalam rakernas yang diikuti sekitar 3.000 peserta, ia menjelaskan BNPB dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) jangan terpaku di proses namun lalai di hasil akhir.

Kedua institusi tersebut perlu memfokuskan pada kegiatan prioritas dapat memberikan dampak besar dan dikerjakan secara totalitas dan tuntas. Ia mencontohkan dalam penanggulangan bencana ada yang menjadi prioritas disebabkan terbatasnya anggaran.

Selain itu, lanjut dia,  BNPB dan BPBD berpegang pada “emergency mindset” dan pantang terhadap “business as usual”. Hal tersebut dilatarbelakangi bahwa BNPB dan BPBD merupakan institusi yang dinamis dan harus siap setiap saat, siap dari sisi organisasi dan siap dari sisi individu.

“Semua harus memiliki emergency mindset, artinya cepat dalam berpikir, mengambil keputusan dan bertindak dan selalu siap kapan pun ketika dibutuhkan oleh organisasi,” kata dia.

Padangan lainnya, kata dia, organisasi yang berbasis sistem dan teknologi. Teknologi dan inovasi dibutuhkan untuk mengubah cara bekerja dan menjadikan hal tersebut sebagai kekuatan dalam penanggulangan bencana.

“Sistem dan teknologi yang dibangun harus mampu untuk menembus ego sectoral dan mendorong kinerja organisasi,” ujarnya.

Rakernas dibuka Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharan. Beberapa menteri akan memberikan paparan kepada para peserta pada hari kedua di rakernas yang dihadiri juga oleh kepala dan sekretaris daerah beberapa wilayah di Indonesia. (*/d1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini