oleh

Bupati dan Wabup Ziarah Makam Leluhur

BojonegoroDetakpos-Bupati Bojonegoro Ana Mu’awanah dan Wakil Bupati Budi Irawanto melakukan ziarah ke makam leluhur pendiri Bojonegoro sebagai awal prosesi peringatan Hari Jadi Bojonegoro 341.

Ziarah sendiri diawali dari makam Aryo Dalem di Buyuddalem kelurahan Kadipaten yang kemudian dilanjutkan ke Makam Mbah Andong Sari di Kelurahan Ledokulon, keduanya di Kecammatan Kota Bojonegoro.

Selain itu ziarah juga dilakukan di Makam Aryo Matahun Ngraseh, Dander dan dilanjutkan ke petilasan Angling dharma di Wotangare Kalitidu.

Setelah itu dilanjutkan di Makam Menak Anggruk di Kuncen Padangan. Dan terakhir ziarah dilanjutkan ke makam Wali Kidangan di Malo. Dalam ziarah itu sendiri diikuti sejumlah pejabat lingkup Pemkab dan BUMD.

Dalam setiap ziarah makan dilakukan tahlilan. Bupati sendiri juga menyempatkam berdialog secara informal debgan tokoh masyarakat setempat.

“Terima kasih sudah ikut merawat dan saya titip untuk dujaga,” Kata Bupati Ana Mu’awanah kepada salah satu tokoh masyarakat di Makam mbah Andong Sari Ledokkulon saat berppamitan.

Kepala Dinas sosial Helmy Elizabeth menjelaskan ziarah ini merupakan kegiatan tahunan yang mengawali prosesi HJB Bojonegoro.

Sebab setelah ini prosesi HJB sendiri akan dilanjutkan dengan penyemayaman api abadi “ Dan puncaknya adalag Gerebeg Berkah Jonegaran,” katanya.(d/5)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini