oleh

Bupati Lamongan Minta Bursa Parsa Kerja di Kecamatan

LamonganDetakpos – Bupati Gresik, Jawa Timur, Fadeli meminta bursa pasar kerja atau “job market fair” (JMF) digelar tidak selalu digelar di kota, tapi bisa digelar di kecamatan yang wilayahnya terdapat perusahaan seperti Kecamatan Deket dan Paciran.

Ketika membuka bursa pasar kerja di Lamongan, Rabu (25/4), ia mengharapkan camat mengelar kegiatan serupa di daerahnya.

“Dari data jumlah pengangguran terbuka pada 2017 yang 4,12 persen atau sebanyak 26.300 tenaga kerja. Oleh karena itu kecamatan harus memiliki data sesuai wilayahnya,” ujarnya.

Dengan demikian, lanjut dia, camat  bisa bekerjsama dengan perusahaan-perusahaan setempat untuk membuat bursa pasar kerja di wilayahnya masing-masing.

Sesuai data di disnaker setempat menyebutkan bursa pasar kerja tahap I tahun ini bekerjasama dengan 40 perusahaan. Sebanyak 26 perusahaan diantaranya berada di Kabupaten Lamongan dan sisanya berasal dari Gresik, Surabaya, Sidoarjo, Jombang dan Rembang.

Perusahaan tersebut bergerak pada bidang perbankan, galangan kapal, produksi makanan dan minuman, swalayan, alas kaki dan medis.

Dari seluruh 40 perusahaan tersebut, membuka sebanyak 3.694 lowongan pekerjaan, yang terdiri dari 1.858 lowongan untuk laki-laki dan 1.836 perempuan.

JMF yang tiap tahun diadakan oleh Pemkab Lamongan ini bertujuan untuk mendekatkan perusahaan yang membutuhkan pekerja dengan para pencari kerja. Sehingga dapat menurunkan jumlah TPT Kabupaten Lamongan.

Pada tahun ini, Kepala SMK se-Kabupaten Lamongan telah melakukan MoU dengan beberapa perusahaan untuk melakukan JMF tingkat SMK. Sampai dengan saat ini SMK yang sudah mengadakan JMF tingkat sekolah yakni SMKN 1 Lamongan SMK 1 Sambeng. (*/d1)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini