oleh

Bupati Pacitan Perpanjang Tanggap Darurat Tujuh Hari

PacitanDetakpos –  Bupati Pacitan, Jawa Timur, Indartato memperpanjang masa tanggap darurat dalam menghadapi banjir dan tanah longsor yang melanda daerah setempat sejak 27 November selama tujuh hari hingga berakhir 11 Desember.

“Kendala dalam penanganan banjir di Pacitan disebabkan lumpur banjir tebal, sedangkan kawasan Pacitan sebagian besar pegunungan,” kata dia.

Seharusnya, lanjut dia, mempercepat penanganan bencana banjir dan tanah longsor di wilayahnya dengan memanfaatkan alat berat.

“Penanganan jalan yang tertutup lumpur juga lainnya dilakukan masyarakat juga pihak lainnya dengan gotong royong secara manual,” kata dia menjelaskan.

Lebih lanjut ia menjelaskan pelayanan kesehatan dilakukan di 34 titik yang dilengkapi 30 dokter, 150 perawat, dan  100 bidan dengan dibantu paramedis daerah kabupaten di sekitarnya.

Dinas peternakan mengkoordinir penimbunan bangkai ternak yang mati, selain itu PLN melakukan pengecekan dan perbaikan jaringan listrik
.

Droping kebutuhan dasar (natura) ke beberapa desa dan pengungsian swadaya yang tidak terjangkau oleh dapur umum dan PDAM menyediakan air bersih dengan kekuatan dua  tangki dan distribusi sesuai permintaan dari kepala desa.

“Jumlah alat berat untuk  percepatan pembersihan lingkungan terbatas sedangkan cakupan wilayah terdampak luas – alat berat belum bisa masuk ke area pencarian korban longsor karena medan dan jalan masuk yang merupakan jalan desa- tempat pembuangan sampah sisa banjir yang belum tersedia,” kata dia menjelaskan.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, dalam release yang diterima detakpos di Bojonegoro, Minggu (3/12), menyebutkan korban Jiwa dalam kejadian banjir bandang dan tanah lonsor di Pacitan mencapai 25 orang.

Bencana di daerah setempat juga mengakitkan  2.050 jiwa mengungsi, tetapi sebagian sudah kembali ke rumahnya masing-masing karena banjir mulai surut.

Dari pendataan sebanyak 1.709 unit rumah dengan kerusakan bervariasi,” katanya menjelaskan.

Gubernur Jatim, Soekarwo dengan didampingi Pangdam Brawijaya datang ke Pacitan melakukan koordinasi dengan jajarannya, guna percepatan penanganan darutat bencana banjir dan tanah longsor. (*/detakpos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini