oleh

Bupati Tuban Hadiri Halal Bihalal di Kemenag

Tuban  – Detakpos – Bupati Tuban, Jawa Timur, H Fathul Huda menghadiri halal bihalal dan pembinaan penyuluh Agama Islam Non PNS Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Senin (16/07/2018).

Hadir dalam kegiatan itu Kepala Kantor Kemenag Tuban Sahid, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) tiap Kecamatan dan sebanyak 160 penyuluh agama Islam.

Bupati Tuban Fathul Huda menyampaikan terima kasih kepada para penyuluh agama Islam, karena ikut mendukung daerahnya menjadi “Bumi Wali”.

Menurut dia, setiap manusia bertugas amar ma’ruf nahi mungkar semaksimal mungkin. Dengan kemampuan fisik, harta maupun pengetahuan yang dimiliki.

“Semua amal kebajikan yang diperbuat manusia mempunyai cahaya sehingga kita harus menjaga kemurnian cahaya tersebut,” ucapnya.

Dengan menjaga diri dari berbagai perilaku buruk, amal kebajikan tersebut akan dapat langsung diterima Allah. Selain itu, hadiah atas amal kebajikan tersebut akan lebih cepat diterima manusia.

Ia juga juga menekankan agar menghindari perilaku yang dapat menyakiti perasaan orang lain, diantaranya ghibah, fitnah, dan menghasut berperilaku buruk. Beberapa hal tersebut dapat mengakibatkan terjadinya perpecahan diantaranya umat.

Pada kesempatan ini, bupati dua periode ini berpesan untuk terus meningkatkan kinerjanya dengan bersikap ikhlas dan welas asih.

“Dengan menghindari perilaku tercela dan terus meningkatkan akhlak-akhlak terpuji maka akan memudahkan amal kita diterima Allah dan dimasukkan ke surga-Nya,” katanya.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tuban M. Sahid  menyatakan bahwa kemenag siap mengawal aspirasi penyuluh agama Islam terkait masa berlaku Surat Keputusan penugasan  penyuluh agama Islam.  Saat ini, Surat Keputusan yang dimaksud hanya tiga bulan.

“Selain itu, peningkatan bisaroh yang juga menjadi aspirasi penyuluh agama Islam akan terus kami kawal,” ungkapnya.

Siap mendukung program Pemkab Tuban dalam meningkatkan kualitas pemahaman mengenai Islam dan meningkatkan keimanan masyarakat.

Selain melalui progam kegiatan di Taman Pendidikan Alquran, para penyuluh agama Islam juga bertugas untuk mengedukasi masyarakat, terutama Lansia, yang kurang mendapat pemahaman tentang Islam.

Ketua Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam Non PNS Kabupaten Tuban, Subhan menjelaskan momen untuk kembali fitrah. Selain untuk meningkatkan keimanan, juga menjadi wadah untuk berdakwah di masing-masing wilayah penyuluh. (*/ags)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini