oleh

Covid-19, 450 Positif 20 Sembuh dan 38 Orang Meninggal

JakartaDetakpos-Juru Bicara (Jubir) Penanganan Wabah Virus Korona (Covid-19), Achmad Yurianto menyampaikan update kasus konfirmasi positif sampai tanggal 21 Maret, ada penambahan kasus baru sebanyak 81 orang, sehingga total kasus adalah 450 orang.

“Kemudian ada penambahan jumlah kasus yang sudah 2 kali dinyatakan pemeriksaannya negatif, klinisnya sudah membaik, dan sudah dinyatakan sembuh, sebanyak 4 orang, sehingga total yang sudah bisa sembuh dan boleh pulang adalah 20 orang. Kemudian ada penambahan kasus kematian sebanyak 6 orang sehingga totalnya adalah 38 orang,” ujar Yuri di Grha BNPB, Provinsi DKI Jakarta, Sabtu (21/3).

Seluruh data, menurut Yuri sudah diberikan kepada semua kepala dinas provinsi dan diteruskan juga ke rumah sakit di mana pasien ini dirawat, kemudian diserahkan kepada dinas kesehatan kabupaten/kota untuk digunakan sebagai bahan tracing di dalam kaitan melacak penularan-penularan yang mungkin terjadi dari kasus-kasus yang dirawat.

“Dan kemudian dari tracing itu kita akan lengkapi dengan rapid test untuk bisa memastikan bahwa ini semuanya akan bisa dilaksanakan untuk pelacakannya dengan baik,” urai Yuri. Pemerintah, menurut Yuri, akan menyiapkan 1 juta rapid test, sudah barang tentu ini akan bertahap masuknya dan sampai dengan sekarang telah menjalankan lebih dari 2.000 pemeriksaan dan hari ini pun masih terus berjalan.

“Kita harapkan akan simultan keseluruhannya, setelah spesimen, setelah reagen yang kita terima besok sekitar 150 ribu, bisa langsung kita distribusikan ke seluruh provinsi sesuai dengan indikasi kasus yang banyak didapatkan,” imbuh Yuri.

Pada kesempatan itu, Jubir Penanganan Covid-19 menyampaikan untuk tetap tenang, sekali lagi, tetap komitmen untuk menjaga jarak, tidak terlalu dekat dalam kontak-kontak sosial, dan hindari pertemuan-pertemuan, kerumunan-kerumunan yang sangat-sangat memungkinkan terjadinya penularan di antara penderita dengan yang sehat.

“Pemerintah bekerja keras untuk itu, kami menyadari betul bahwa kesuksesan pelaksanaan kegiatan ini adalah bisa dilaksanakan manakala partisipasi seluruh masyarakat bisa berjalan dengan baik dan sinergis,” pungkas Yuri.

Sumber: Setkab
Editor : A Adib

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini