oleh

Dandim:Keberagaman Budaya Merupakan Potensi Bangsa Indonesia

BojonegoroDetakpos – Keberagaman budaya, suku, ras, agama, serta demografi dan kekayaan alam negara merupakan potensi kekuatan bagi bangsa Indonesia, sehingga  harus dikelola dengan baik,” kata Komandan Kodim 0813 Bojonegoro Letkol Inf. M. Herry Subagyo, di Bojonegoro, Sabtu (9/9/2017).

Oleh karena itu, kata dia dalam kegiatan wawasan Kebangsaan (Wabang) di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Cendekia, potensi yang dimiliki Bangsa Indonesia itu, menjadi daya tarik bangsa lain untuk menguasai Indonesia.

“Banyak negara-negara lain iri dengan bangsa Indonesia,” ucapnya.

Negara lain itu, menurut dia, mulai menyerang generasi mudanya, di antaranya, melalui narkoba, budaya korupsi, ras dan sebagainya.

“Itu dilakukan, agar bangsa Indonesia ini tidak memiliki generasi penerus yang berkualitas di masa mendatang,” katanya.
Untuk itu, lanjut dia, generasi muda Indonesia harus menjadi generasi yang hebat dengan memiliki IQ (kapabilitas), AQ (keinginan), EQ (Semangat berjuang dan pantang menyerah), serta SQ (tujuan).

Pada kesempatan itu ia  juga menyampaikan bahwa pertumbuhan penduduk di Indonesia, merupakan tantangan dan akan menjadi persoalan bangsa dimasa depan.

“Kekayaan alam kita melimpah, termasuk sumber energi migas. Namun migas yang berasal dari fosil akan habis, dan tidak dapat diperbaharui,” ucapnya.

Dengan demikian, katanya,  perlu adanya pengembangan energi yang berasal dari hayati. Selain itu lahan pertanian yang semakin menyempit  akan berpengaruh pada produksi pangan dan air yang bisa menjadi konflik di dunia.

Pembekalan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) yang mengusung tema “Pengenalan Kehidupan Berbangsa dan Bernegara” ini diikuti 150 orang yang terdiri dari Rektorat, BEM dan Mahasiswa baru STIE Cendekia Bojonegoro, dengan penanggung jawab kegiatan Tri Suwarno. (*/d1/detakpos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini