oleh

Danramil Rengel Hadiri Musyawarah HIPPA

Tuban-Detakpos- Danramil 0811/05 Rengel Kodim 0811/Tuban menghadiri rapat musyawarah anggota Himpunan Petani Pengguna Air (HIPPA) “TirtoTinoto” yang dihadiri oleh Muspika Rengel, Kepala UPTD Pertanian Kecamatan Rengel dan 97 orang anggota  HIPPA, berlangsung di balai desa Karang Tinoto, Kecamatan Rengel, Tuban, Selasa (06/06/2017).

 

Dalam rapat musyawarah tersebut ada beberapa hal yang menjadi pokok bahasan tentang ketertiban dan keteraturan penggunaan air melalui saluran irigasi yang bersumber dari sungai Bengawan Solo khususnya pada musim tanam pada musim kemarau seperti saat sekarang ini.

 

Dalam sambutannya, Danramil 0811/05 Rengel, Kapten Inf Hary Mulyono menyampaikan dan mengajak kepada seluruh anggota HIPPA Tirto Tinoto lebih efektif dan efisien dalam penggunaan air yang bersumber dari sungai Bengawan Solo, sehingga dapat menghasilkan panen yang optimal dengan tanpa menimbulkan permasalahan-permasalahan yang tidak diinginkan terjadi didalam kelompok HIPPA itu sendiri (tanpa ada yang diuntungkan dan dirugikan).

 

“Pengairan areal persawahan supaya dilaksanakan dengan tertib dan teratur sesuai dengan regulasi yang sudah terjadwalkan oleh petugas operasional HIPPA. Dengan tercukupinya kebutuhan air irigasi, perawatan dan pengawasan yang sesuai dengan prosedur, secara otomatis akan meningkatkan hasil panen tepat pada saatnya tiba,” terangnya.

 

Menurutnya, dengan meningkatnya hasil panen para petani dan dukungan serta bantuan dari pemerintah melalui Kementrian Pertanian berupa bantuan alat mesin pertanian (Alsintan), bantuan benih padi dan subsidi pupuk, diharapkan ada timbal balik dari para petani untuk mendukung program pemerintah dalam mensukseskan Swasembada Pangan Nasional.

 

“ Saya berharap petani bersedia menjual seluruh atau sebagian hasil panenya kepada Bulog untuk menuju Kedaulatan Pangan Nasional. Sehingga tercipta sinergitas yang harmonis antara pemerintah dan para petani selaku pelaksana di lapangan,” harap Danramil. 

 

Pada kesempatan itu, Danramil Rengel juga menyampaikan kepada seluruh anggota kelompok tani (Poktan) yang tergabung anggota HIPPA terkait percepatan tanam setelah masa panen, sehingga alokasi yang ditargetkan oleh pemerintah dapat segera bisa terealisasi/terpenuhi.(d3/detakpos).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini