oleh

Di Tuban Tim Sergap Mabesad Blusukan Ke Gudang Gabah

TubanDetakpos – Demi mengoptimalkan pencapaian target serapan gabah petani (Sergap) periode Maret sampai dengan Agustus 2017, Tim Sergap dari Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad) melaksanakan kunjungan penyerapan gabah dari petani pada hari Rabu (26/7/17) di wilayah Kodim 0811/Tuban, Jawa timur.

Tim Sergap Mabesad terdiri dari Kolonel Inf Eddy Saputra Siahaan, S.IP, MM, Kolonel Inf Ronny dan Kolonel Inf Dwi Surya Atmaja. Kedatangan Tim disambut langsung oleh Dandim Tuban Letkol Inf Sarwo Supriyo didampingi Kadistan Kab. Tuban, Murtadji dan Kagud Bulog Sub Divre III Bojonegoro, Sugeng.

Pada kesempatan itu, Tim Sergap yang dipimpin Kolonel Inf Eddy Saputra Siahaan, S.IP, MM melakukan peninjauan secara langsung ke gudang gabah milik H. Karsadi yang berada di Dusun Perbon, Desa Kebonagung, Kecamatan Rengel, Tuban.

Saat ditempat tersebut, Tim Sergap menanyakan kapasitas isi gudang, seberapa banyak gudang mampu menampung gabah untuk memenuhi target pada periode Maret-Agustus tahun 2017 ini. Hasil dari pengecekan gudang, Tim Sergap menyatakan bahwa gudang tersebut mampu menampung gabah sebanyak 450 ton.

Tim Sergap juga berkesempatan menyaksikan langsung transaksi penjualan gabah dari petani ke Bulog Kabupaten Tuban sebanyak 200 ton dengan harga Rp3.700 perkilogram.

“Kedatangan kami di Tuban ini untuk mengetahui secara langsung pelaksanaan Sergap serta kendala yang dihadapi di lapangan, sebagai bahan masukan untuk program Upsus Swasembada pangan pada masa yang akan datang,” ujar Kolonel Inf Eddy Saputra Siahaan, S.IP, MM selaku Ketua Tim Sergap.

Dalam kesempatan yang sama, Dandim Tuban, Letkol Inf Sarwo Supriyo mengatakan, kunjungan tim Sergap ini bertujuan untuk memastikan penyerapan gabah dari petani ke Bulog dengan maksimal dan optimal agar kebutuhan stock bulog periode bulan Maret – Agustus tahun 2017 dapat terpenuhi.

“Kunjungan ini untuk memastikan gabah yang ada dan memastikan harga dari Bulog untuk petani tetap pada ketentuan,” katanya.

Lebih lanjut Dandim menjelaskan, kunjungan Tim Sergap ini adalah rangkaian bentuk peran TNI-AD dalam mengawal kebutuhan pangan mulai dari penanaman padi bersama petani, perawatan hingga masa panen dan penjualan hasil panen kepada Bulog. 

“Sehingga para petani tidak merasa takut ataupun khawatir akan harga gabah pada saat masa panen,” tegas Dandim.(tim detakpos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini