oleh

Dikelola Swasta, Dishub Perlu Awasi Tarif Parkir

Pewarta: Jarwati

BojonegoroDetakpos– Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur diminta melakukan pengawasan terhadap rekanan, dalam pengelolaan parkir yang dikontrakkan. 

Jangan sampai ada kendaraan Bojonegoro yang ditarik mahal, tidak sesuai dengan ketentuan yang ada.

Wakil Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Bojonegoro, Anam Warsito mengatakan, alhasil rekomendasi dari rapat hering hari ini, Selasa (17/07), Dishub perlu melakukan pengawasan yang ekstra terhadap mitranya agar penarikan biaya parkir sesuai dengan kontrak antara Dishub dan PT Dewan Daru.

“Jangan sampai kendaraan yang berplat bojonegoro masih ditarik biaya parkir. Karena menurut kontrak kerja samanya, yang bisa ditarik biaya parkir adalah kendaraan dari luar daerah,” kata Anam.

Dia menjelaskan, kalau ada dua solusi dari Komisi A untuk Dishub. Yaitu solusi jangka panjang dan solusi untuk jangka pendeknya.

Di mana untuk jangka panjang, akan dibuatkan payung hukum yang jelas terkait dengan sistem pengelolaan parkir.

Sementara jangka pendeknya adalah pengawasan secara ketat terhadap mitra tersebut.

“Kami hanya menginginkan biaya parkir sesuai dengan peraturan. Yaitu untuk sepeda roda dua dari luar daerah adalah Rp 1.000,”tutur dia.

Ditambahkan, ke depan akan diputuskan apakah ada sistem pembayaran parkir berlangganan atau tidak. Atau diputuskan sistem parkir dengan berlangganan dan dilelang. 

Senada diungkapkan oleh anggota Komisi A yang lain, Ali Mustofa kalau banyak aduan dari masyarakat, terkait dengan biaya parkir yang terlalu tinggi, sehingga dilakukan rapat untuk membahas. 

“Kami hanya ingin mengetahui sistem lelangnya, kemudian kontraknya seperti apa. Agar tidak ada masyarakat yang merasa dirugikan,” terang dia.

Sementara itu, Kepala Dishub Iskandar mengungkapkan, jika sudah melakukan semua proses untuk lelang parkir dengan pihak ketiga sesuai dengan prosedur yang ada.

“Kami melakukannya sesuai dengan peraturan, terkait dengan lelang dan biaya parkir,” tegasnya.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini