oleh

Ditemukan Mortir dan Peluru di Bawah Jembatan Kaliketek

Pewarta Hadi

BojonegoroDetakpos– Sebuah mortir, peluru dan sejumlah amunisi tembak ditemukan tiga bocah saat bermain di bawah jembatan Kali Ketek, Kelurahan Banjarejo, Kecamatan/Kota Bojonegoro, Jawa Timur, Minggu lalu.

Benda bekas peluru rudal (mortir), dan peluru tembak tersebut sempat dibuat mainan oleh anak-anak yang menemukan. Namun, salah satu warga sekitar Sujianto (48), mengetahui jika benda tersebut berbahaya sehingga langsung diminta dan diamankan.

Selanjutnya, penemuan mortir dan peluru tajam tersebut dilaporkan kepada aparat kepolisian Polsek Kota Bojonegoro. Polisipun langsung mendatangi lokasi tempat mortir disembunyikan oleh Sujianto, serta melakukan olah tempat kejadian perkara.

“Kita amankan satu buah mortir, tiga buah peluru tajam, dan enam buah amunisi senjata tajam. Semua benda-benda ini diduga digunakan pada jaman penjajahan Belanda puluhan tahun silam,” ungkap Kapolsek Kota Kompol Eko Dani Wirawan, Selasa (9/10/18).

Dia menerangkan, penemuan benda-benda tersebut letaknya persis dibawah jembatan Kali Ketek atau persis di bantaran Sungai Bengawan Solo.

“Memang ceritanya pada zaman dahulu di tempat itu (Jembatan Kali Ketek), hingga Jembatan Glendeng Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk, merupakan medan pertempuran antara penduduk pribumi (Indonesia) melawan para penjajah Belanda. Benda-benda bersejarah pun sering kali ditemukan oleh warga sekitar,” jelasnya.

Dia menambahkan, mortir dan sejumlah peluru tersebut saat ini masih diamankan di Mapolsek Kota. Hanya saja, dia belum bisa memastikan apakah mortir tersebut masih aktif atau tidak.

“Kita akan bekerjasama dengan pihak TNI yang khusus menangani benda-benda temuan seperti peluru, mortir dan sebagainya untuk memastikan apakah masih aktif atau tidak,” katan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini