oleh

Dubes Selandia Baru Serahkan Dokumen KNPDB kepada BNPB

Nusa Dua Detakpos – Duta Besar Selandia Baru Trevor Matheson menyerahkan dokumen KNPDB kepada Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei di Sidang Komisi II di Nusa Dua Bali, Rabu (21/2).

Dokumen Kerangka Nasional Penanganan Darurat Bencana (KNPDB) ini merupakan dukungan Pemerintah Selandia baru terhadap penanggulangan bencana di Indonesia. 

“Duta Besar Trevor menyampaikan bahwa penyusunan KNPDB sebagai bentuk kerja sama kemitraan dan sekaligus upaya pembelajaran kompleksitas riil penanganan bencana,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, dalam release yang diterima detkapos di Bojonegoro, Rabu (21/2).

Sebab, lanjut dia,  Indonesia adalah negara nusantara terbesar, yang membentang dengan beragam budaya dan lanskap geografi yang kompleks dan berbentuk pemerintahan desentralisasi.

Pada kesempatan itu Trevor berharap peran teladan Indonesia akan memberikan inspirasi kepada negara-negara Asia Tenggara untuk menyusun kerangka semacam ini untuk negera mereka yang secara kolektfi akan memperkuat ketangguhan terhadap bencana.

Koordinator penyusunan KNPDB Sugeng Triutomo mengatakan bahwa hanya ada tiga negara yang memiliki kerangka semacam ini, yaitu Amerika Serikat, Kanada dan Selandia Baru.

Sugeng menyebutkan bahwa inti dari kerangka adalah siapa melakukan apa dan bagaimana mekanismenya. Hal ini disebabkan karena penanganan darurat sarat multisektor, multipihak, dan multibahaya membutuhkan koordinasi dan komando.

“Kerangka ini diperlukan untuk menjawab fungsi koordinasi dan komando dalam penanganan darurat bencana,” ucapnya.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei mengatakan bahwa prinsip penyusunan kerangka ini untuk acuan penanganan untuk penyusunan petunjuk operasional atau standard operating procedures turunan.

“Kerangka ini penting, di dalamnya ada boks-boks yang diatur secara jelas siapa yang memiliki tanggung jawab tertentu sehingga adanya framewok ini tidak ada tabrakan satu sama lain,” katanya. (*/d1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini