oleh

Empat Desa di Kecamatan Widang Tuban Terima Bantuan Benih Jagung Hibrida Varietas B. 54

Tuban Detakpos – Empat (4) Desa diwilayah Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban mendapatkan bantuan benih jagung hibrida jenis varietas B.54 program pengembangan jagung hibrida kerjasama dari pelaksana pengembang benih dengan Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Timur dalam hal ini KPH Tuban, Selasa (25/7/2017).

Benih bibit didistribusikan ke petani penggarap hutan produksi melalui kelompok tani (Poktan) yang ada di wilayah tersebut. Adapun desa yang mendapatkan bantuan benih antara lain desa Minohorejo, Sumberejo, Mlangi dan Kujung. Benih ini diberikan secara cuma-cuma kepada petani yang masuk dalam wilayah LMDH (lembaga masyarakat desa hutan) dimana di wilayah ini ada hutan yang dijadikan hutan lindung produksi. 

Kerjasama ini dilakukan untuk melihat hasil pengembangan jenis Varietas jagung Hibrida B.54 yang dikembangkan oleh peneliti pengembang pertanian. Disamping itu pula agar petani yang menggarap hutan produksi bisa mendapatkan hasil panen yang baik dan bisa mendukung ketahanan pangan. Jumlah benih yg diberikan untuk lahan Percil seluas 68 hektar sebanyak 1,3 ton.

Menurut ketua LMDH, Sugondo bantuan benih ini sangat membantu masyarakat karena selama ini petani penggarap hutan produksi membeli benih jagung dengan biaya sendiri dan belum ada tanggungan bahwa benih yang ditanam berkualitas terbaik. 

Dikatakan pula dari Tim yang memberikan benih ini bahwa ada tanggungan benih yang dibagikan berkwalitas baik sesuai dengan yang diinginkan oleh petani. 

Sementara, dari pihak Koramil Widang yang dihubungi detakpos.com dengan adanya program tersebut sangat mendukung sebab ini sesuai dengan tugasnya memberikan, mengawal dan mendampingi swasembada pangan. 

“Dengan program ini, ketahanan pangan Nasional bisa dilaksanakan, maka dari itu setiap ada kegiatan di wilayah yang mengarah ke pertanian Koramil Widang selalu siap membantu,” ujar Danramil 0811/08 Widang Kapten Arh Sutomo.(detakpos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini