oleh

FEWS BPBD Cirebon Selamatkan Warga dari Bahaya Banjir

CirebonDetakpos– Flood Early Warning System (FEWS) yang terpasang di wilayah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, berfungsi baik memberikan peringatan dini bahaya saat banjir melanda tiga kecamatan pada Minggu (16/2) lalu. Pemasangan sistem peringatan dini banjir atau FEWS dilakukan atas kerja sama BNPB, UGM dan BPBD Kabupaten Cirebon.

Hal tersebut disampaikan pada Minggu (16/2) oleh staf Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon Daiman yang telah dilatih sebagai petugas dan tim teknis pengoperasian sistem peringatan dini banjir. Saat itu, alat dari rangkaian sistem berbunyi yang menunjukkan pada level ‘waspada’ karena curah hujan sedang hingga tinggi.

Beberapa saat kemudian alat berbunyi yang menunjukkan level 2 atau ‘siaga’ karena tinggi muka air sudah melewati tanggul bawah. Selanjutnya, alat berbunyi lagi sebagai tanda level 3 atau ‘awas.’ Bunyi alat pada level ini menunjukkan bahwa tinggi muka air sudah hampir sampai menyentuh tanggul atas sungai, jelas Daiman.

“Karena sistem peringatan ini untuk meminimalkan risiko, maka BPBD Kabupaten Cirebon berinisiatif untuk mengungsikan sementara warga ke kantor kecamatan. Kejadian ini terjadi sekitar pukul 22.00 WIB dan warga baru dipulangkan setelah kondisi air sudah surut,” jelas Daiman.

Kabupaten Cirebon merupakan salah satu kabupaten yang termasuk dalam daftar lokasi pemasangan instrument bagian dari FEWS tahun anggaran 2019, dari 25 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia yang mendapat fasilitas pemasangan alat peringatan dini banjir tersebut. Jumlah alat terpasang di Kabupaten Cirebon sebanyak satu unit.

Tujuan utama dari pemasangan sistem peringatan dini banjir (FEWS) adalah membangun kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana banjir. Oleh karena itu, perlu ada replika pemasangan FEWS ini di lokasi-lokasi rawan banjir serta perlu adanya peningkatan kapasitas masyarakat.(d/5).

Editor: AAdib

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini