oleh

Gelar Bakti Sosial di Solo Dinginkan Suhu Demokrasi

Solo, 20/4 (Detakpos) –  Anggota Tim Perwira Pengamat Wilayah (Pamatwil) Jawa Tengah dari Mabes Polri, Disela-sela kunjungan dinasnya menggelar bakti sosial berupa pengobatan gratis dan bantuan sembako di rumah warga di 4 kelurahan di Solo, untuk mendinginkan suhu demokrasi, Jumat (20/4).

“Kunjungan yang kami lakukan ke rumah-rumah warga di 4 kelurahan di Solo hari ini sebagai upaya untuk mendinginkan suhu demokrasi menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada). Ya agar warga tidak ikut-ikut panas,” kata Kepala Biro Kerja Kementerian Lembaga Ops Polri Brigjen Pol Herry Wibowo, di Solo, Jumat (20/3).

Sesuai data dari kelurahan dan dari Bhabinkamtibmas setempat, bahwa warga yang memperoleh kunjungan di 4 kelurahan itu warga yang belum masuk data BPJS Kesehatan, Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan belum masuk data warga tidak mampu yang memperoleh jaminan kesehatan dari Pemerintah Daerah setempat.

“Pengobatan untuk warga mencakup seluruhnya. Kalau memang ada warga yang menderita sakit berat akan kami rekomendasi untuk dirujuk di rumah sakit untuk memperoleh pengobatan yg lebih baik” kata dia menjelaskan.

Ia menyebutkan rencananya Tim baksos dari Polri ini juga masih akan mengunjungi rumah-rumah warga di 9 kelurahan juga esok hari di Solo, Sabtu (21/4).

“Kami juga masih menunggu data kondisi warga yang betul-betul  tidak mampu lainnya yg belum tersentuh selama ini dari pihak kelurahan setempat,” ucapnya menjelaskan.

Saat ini, lanjut dia, dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah, yang menggelar Pilkada sebanyak  tujuh kabupaten/kota, juga pemilihan gubernur (Pilgub).

Lebih lanjut ia menjelaskan kehadiran Pamatwil di Jateng, yang menjadi daerah tugasnya atas instruksi Bapak Kapolri untuk membantu Polda Jateng, juga jajaran Polres dalam pengamanan Pilkada, Pemilu Legislatif (Pileg) hingga Pemilu Presiden (Pilpres) 2019.

Pengamanan itu mulai pemetaan wilayah yang menggelar pilkada, juga memberikan masukan dan asistensi kepada Kepala Satuan Wilayah (Kasatwil) atau Kapolres yang daerahnya menggelar pilkada.

Misalnya, ada kerawanan di tempat tertentu maka Pamatwil berkewajiban memberikan masukan terkait usaha untuk meredam situasi dan kondisi kepada Kasatwil.

“Kegiatan bakti sosial berupa bantuan kesehatan juga bantuan sembako itu memiliki banyak manfaatkan, selain bisa langsung melakukan pemetaan wilayah, juga dapat memantau kondisi masyarakat yang membutuhkan bantuan,” kata dia menegaskan.

Tidak hanya itu, masih menurut pria asal Solo itu, kehadiran jajaran Polri di rumah-rumah warga yang tidak mampu juga bisa memberikan gambaran bahwa kehadiran polisi tidak hanya sekedar tugas represif saja, tetapi Polisi juga dapat melayani masyarakat dengan ikhlas membantu meringankan beban penderitaannya.(*/agus)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini