oleh

Gempa Bumi Darat Terjadi di Poso

JakartaDetakpos– Rabu (14/11) dini hari, tepatnya pukul 02.04 WIB, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah diguncang gempa bumi dengan megnitudo 4,6. Pusat gempa tersebut berada pada kedalam 13 kilometer dan berjarak 37 km Tenggara Poso.

Menurut Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kasbani, gempa tersebut berasosiasi dengan aktivitas sesar aktif di Poso dan tidak menimbulkan tsunami karena pusat gempa bumi berada di darat.

“Berdasarkan lokasi pusat gempa bumi dan kedalamannya, gempa bumi ini diperkirakan berasosiasi dengan aktivitas sesar aktif di daerah tersebut. Gempa bumi tidak menimbulkan tsunami karena pusat gempa bumi berada di darat,” ujar Kasbani dilansir
Tim Komunikasi ESDM.

Seperti yang dirilis PVMBG, wilayah yang berdekatan dengan pusat gempa bumi tersusun oleh batuan sedimen dan batuan malihan (batuan metamorf) berumur Pra Tersier yang membentuk lajur sesar dengan lereng curam dan kebanyakan lapuk. “Batuan yang lapuk, urai, lepas, dan belum kompak (unconsolidated) dapat bersifat memperkuat guncangan gempa bumi,” imbuh Kasbani.

Gempa bumi ini dirasakan sebesar III-IV MMI ( Modified Mercalli Intensity ) di Poso. PVMBG mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari petugas BPBD.

“Masyarakat jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami dan tetap waspada dengan kejadian gempa bumi susulan, yang diharapkan berkekuatan lebih kecil,” pungkas Kasbani.(dib)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini