oleh

Gresik Berencana Bangun 1.000 Sumur Atasi Kekeringan

Gresik – Detakpos – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik, Jawa Timur, berencana membangun 1.000 sumur air tanh untuk mencukupi kebutuhan air bersih bagi warga yang daerahnya mengalami kekeringan di musim kemarau.

Kepala bagian Humas dan Protokol Pemkab Gresik Suyono, Jumat (15/9/2017),  menjelaskan Bupati Gresik Sambari Halim Radianto  ingin meminimalisir bencana kekeringan dengan cara membangun sumur bor tanah di setiap dusun.

Hal itu, kata dia, disampaikan dalam rapat koordinasi mengatasi kekeringan di daerahnya yang sekarang ini mulai dialami warga di 32 desa.

“Di semua dusun akan dibangun sumur air tanah dengan target bisa terealisasi pada 2018,” kata Bupati Gresik Sambari Halim Radianto.

Yang jelas, kata dia, dengan membangun sumur, setidaknya memberikan keamanan kepada masyarakat dari bahaya kekeringan.

Kalau pada 5 tahun yang kekeringan melanda pada sekitar 100 desa, maka setelah masuknya PDAM jumlah desa yang krisis air bisa diminimalisir.

Semoga setelah dibangun sumur, nantinya desa terdampak kekeringan sudah semakin kecil dan bahkan sudah tidak ada lagi desa yang krisis air,” ucap Suyono menambahkan.

Menurut Sambari, sumur yang akan dibangun yaitu sumur dalam bukan sumur resapan atau sumur dangkal. “Kami akan meminta bantuan untuk mencari sumber air di dusun,” ucapnya. (*/d1/detakpos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini