oleh

HIPPA Baureno Bojonegoro Tinggikan Tanggul Amankan Padi

Penawarta: Hadi

BojonegoroDetakpos – Jajaran Pengurus Himpunan Petani Pengguna Air (HIPPA) Desa Pucangarum, Kecamatan Baureno, Bojonegoro, Jawa Timur, bekerja bakti meninggikan tanggul kritis Sungai Cangkring, untuk mengamankan tanaman padi dari serbuan banjir.

Kepala Desa Pucangarum, Kecamatan Baureno, Bojonegoro Sanawi, di Bojonegoro, Rabu (26/12), menjelaskan jajaran HIPPA di desanya melakukan kerja bakti meninggikan tanggul kritis Sungai Cangkring, setelah melihat curah hujan tinggi mulai terjadi.

Padahal, menurut dia, di desa setempat ada tanaman padi seluas 350 hektare dengan perhitungan kurang sebulan lagi sudah panen.

“Beberapa sungai sudah mulai banjir akibat hujan deras beberapa hari ini, maka tanggul-tanggul yang kritis langsung kita perbaiki agar tidak jebol,” katanya menegaskan.

Ia menyebutkan titik tanggul yang dilakukan kerja bakti yakni Sungai Cangkring. Sungai itu merupakan anak Sungai Bengawan Solo yang berada di utara desa Pucangarum.

“Itu yang masuk wilayah pengairan kami, belum wilayah lainnya. Tiga desa itu ya, Pomahan, Kauman dan Karangdayu (Kecamatan Baureno),” katanya menjelaskan.

Ia menambahkan kerja bakti dengan mengerahkan sekitar 28 petani yang tergabung dalam HIPPA untuk pelaksanaan peninggian tanggul dilakukan dengan cara menumpuk karung berisi tanah di titik-titik tanggul yang rawan jebol.

“Tanggul-tanggul sungai di desa kami akan terus kita pantau. Apabila ada yang kritis secepatnya akan kita lakukan kerja bakti bersama masyarakat dan pengurus HIPPA,” ucapnya menambahkan. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini