oleh

Jalan Bojonegoro Dander Dilebarkan Jadi 9 meter

Bojonegoro – Detakpos-Jalan raya Dander Temayang bakal dilebarkan menjadi sembilan meter sepanjang sepuluh kilometer. 

 

Hal tersebut diungkapkan Staf ahli Bupati Bidang Pembangunan Tejo Sukmono. Dia menuturkan informasi ini sendiri diperoleh dari Pemerintah Propinsi Jawa Timur. ‘’karena wilayah jalannya adalah milik Propinsi Jawa Timur,’’ katanya.

 

Tejo kemudian menuturkan  beberapa waktu lalu feasibility study sudah selesai dilakukan serta dan disampaikan kepada pihak Pemkab. Dan dia menjelaskan pelaksanaannya dilakukan tahun ini. ‘’Dan sekarang sudah dimulai,’’ tuturnya.

 

Menurut dia saat ini penghijauan di kanan kiri jalan serta sejumlah bangunan mulai dirapikan. Baru setelah itu lanjut dia akan dilakukan pengerasan di sisi kanan kiri jalan yang dilebarkan. ‘’setelah dikeraskan baru kemudian pelebaran dimulai,’’ imbuhnya.

 

Pria itu kemudian menuturkan panjang jalan yang akan di lebarkan sendiri adalah sekitar 10  kilometer. Dimana akses pelebaran akan dimulai daribundaran Jetak sampai lokasi wisata Dander Water Park. ‘’Tapi tahun ini pelebaran sekitar 5 kilomter dari bundaran jetak sampai Ngumpakdalem dan sisanya tahun depan,’’ imbuhnya.

 

Menurut dia pelebaran sendiri akan dilakukan sebesar tiga meter dari akses jalan saat ini yang lebarnya hanya enam meter. Dimana pelebaran akan diambilkan dari satu setengah meter di kanan dan kiri jalan. ‘’sehingga jalan nanti lebarnya akan menjadi sembilan meter,’’ imbuhnya.

 

Hanya saat ditanya alokasi anggran pria itu menyatakan belum tahu secara detail. Sebab menurut dia yang melaksanakan adalah dari pemprov Jatim melalui UPT Dinas PU Bina Marga dan Tata Ruang. ‘’saya belum tahu berapa alokasi anggarannnya tapi nanti akan saya cek,’’ tuturnya.

 

Dia menyatakan pelebaran jalan ini akan mendukung akses ke lokasi wisata ke waduk Pacal, Dander Park dan Khayangan api. Dia menuturkan pelebaran jalan ini sudah merupakan usulan lama dan telah disetujui untuk dilakukan di tahun anggaran ini meski baru sebagian. ‘’Ini kan juga jalan alternatif dan semoga arus lalu lintas tambah lancar,’’ jelasnya.

 

Dia juga  menjelaskan dengan akses jalan yang memadai diharapkan nantinya akan memberikan kemudahan kepada pengguna jalan yang menuju lokasi wisata. Dan diharapkan nantinya jumlah pengunjunga wisata akan bertambah. ‘’Kalau mudah tentu akan semakin membuat nyaman pengunjung dan pengguna jalan,’’ jelasnya. (tim/detakpos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini