oleh

Jokowi ”Dikartu Kuning”, Mendagri Kecam BEM UI

JakartaDetakpos-Acara Dies Natalis Ke-68 Universitas Indonesia (UI) di Kampus Depok, Jawa Barat, yang dihadiri Presiden Jokowi digegerkan oleh insiden “kartu kuning” oleh Ketua BEM UI Zaadit Taqwa.

Pihak Istana menyatakan Presiden tak tersinggung atas kejadian tersebut. Namun Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengecam dan menilai Ketua BEM UI itu tidak menghormati Presiden Joko Widodo.

Menurut dia, tindakan seorang mahasiswa UI sangat tidak menghormati acara resmi UI, dan menghormati Presiden RI yang hadir memberikan penghormatan kepada keluarga besar UI,” kata Tjahjo dalam pesan singkatnya, Minggu (3/2).

Dijelaskan, kehadiran Jokowi di kampus UI memberikan sambutan adalah bentuk penghormatan dan penghargaan kepada civitas akademika UI.

Kendati demikian, Tjahjo menganggap kritik yang dilontarkan mahasiswa UI merupakan hak setiap mahasiswa. Tapi, seharusnya kritik disampaikan secara objektif.

“Kalau mau unjuk rasa menyampaikan aspirasi sah saja tapi harusnya di luar tempat acara resmi, dan tidak di tempat acara yang terhormat bagi civitas akademika UI,” katanya.dan rancangan aturan baru peraturan menteri mengenai organisasi kemahasiswaan yang dinilai memasung kebebasan di kampus.(d2)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini