oleh

Kafilah MQK Gresik Optimistis Raih Juara Jatim

GresikDetakpos – Kafilah Musabaqoh Qiraatil Kutub (MQK) Gresik, Jawa Timur, optimistis mampu meraih jura umum dalam kejuaraan tingkat Provinsi Jawa Timur, sejak 13 Oktober- 15 Oktober.

Penyelenggaraan lomba membaca dan memahami isi kandungan kitab kuning tingkat Provinsi Jawa Timur tersebut diselenggarakan di Pondok Pesantren Amanatul Ummah, Mojokerto.

Kabag Humas dan Protokol pemkab Gresik Suyono dalam release yang diterima detakpos di Bojonegoro, Senin (16/10), menjelaskan bahwa sebanyak 49 kafilah daerahnya sudah siap berlaga dalam perlombaan MQK.

“Mereka sudah menjalani tahap seleksi sebelumnya, dan terpilih 49 kafilah yang siap berlomba di Ponpes Amanatul Ummah, Pacet, Mojokerto,” katanya.

Peserta terdiri dari berbagai tingkat, antara lain Ulaa atau setara Madrasah Ibtidaiyah (MI) sebanyak 5 peserta, Wushta atau setara Sekolah Menengah Pertama (SMP) diikuti 11 peserta dan Ulya atau setara Sekolah Menengah Atas (SMA) diikuti sebanyak 33 peserta.

Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim yang berkesempatan bertemu dengan para kafilah sebelum berangkat ke tempat lomba berpesan kepada seluruh kafilah bahwa pelaksanaan MQK ini merupakan suatu pembinaan terhadap santri sebagai regenerasi dan kader ulama.

“Kami berharap para peserta dapat memberikan yang terbaik. Kami optimis bahwa kafilah MQK Kabupaten Gresik kembali meraih meraih juara umum. Sebab kami mewakili pemerintah kabupaten Gresik dan segenap masyarakat selalu mendoakan yang terbaik,” kata Wabup Qosim.

Disisi lai, wabup Qosim meminta para santri untuk menjadikan MQK sebagai wadah saling ta’aruf atau perkenalan antarsantri dan jangan sampai terjadi persaingan tidak sehat.

“Jadikan MQK benar-benar bermanfaat, utamanya untuk meningkatkan kemampuan dan prestasi para santri,” ucapnya. (*/iis/detakpos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini