oleh

Kakorbinmas Polri Ingatkan Masyarakat Jangan Sebar Hoaks Menjelang Pemilu

Banda AcehDetakpos – Kepala Korps Pembinaan Masyarakat (Kakorbinmas) Baharkam Polri, Irjen Pol Herry Wibowo mengingatkan masyarakat tidak menyebar hoaks menjelang Pemilu 2019.

“Jangan sebar hoaks. Ketika menerima informasi atau berita bohong jangan disebar atau dibagi. Berita itu cukup sampai di diri kita. Kemudian langsung hapus hoaks tersebut. Apalagi menjelang pemilu seperti sekarang ini,” kata Irjen Pol Herry Wibowo di Aceh Besar, Jumat (29/3).

Jenderal berbintang dua itu menyebutkan bahwa pembuat dan penyebar hoaks dapat dijerat dan diproses secara hukum. Oleh karena itu, masyarakat jangan membuat hoaks lagi dan menyebarkan kepada orang lain.

Selain hoaks atau berita bohong, Irjen Pol Widarso Herry Wibowo juga mengingatkan masyarakat tidak perlu terlibat dalam kampanye hitam. Sebab, kampanye hitam ini dilarang, baik secara aturan hukum maupun agama.

Irjen Pol Herry Wibowo di Aceh Besar, Jumat (29/3). (Istimewa)

“Sebagai umat muslim, hoaks dan kampanye hitam ini pasti haram hukumnya. Karena itu, jangan pernah melakukannya itu. Sebab, keduanya sama-sama menjelekkan dan menyerang orang lain,” kata dia.

Pemungutan suara Pemilu 2019, kata dia, tinggal beberapa hari lagi. Semua warga negara tentunya memiliki hak yang sama. Oleh sebab itu, gunakan hak pilih untuk memilih pemimpinnya dan wakil rakyatnya nanti.

Pemilu 2019 yang digelar 17 April mendatang, sebut Irjen Pol Herry Wibowo, ada lima yg harus dipilih, Yakni pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, pemilihan Anggota DPD RI, pemilihan Anggota DPR RI, DPRD provinsi, serta DPRD kabupaten/kota.

“Pilihlah mereka sesuai dengan hati nurani, tanpa adanya suatu tekanan. Polri bersama TNI tentunya akan menjaga keamaanan dan ketertiban agar masyarakat bisa memilih dengan nyaman,” kata Irjen Pol Herry Wibowo.

Irjen Pol Herry Wibowo di Aceh Besar, bersama warga, Jumat (29/3). (Istimewa)

Terkait dengan pengamanan pemilu, Irjen Herry Wibowo menyebutkan kepolisian bersama penyelenggara pemilu serta pihak terkait lainnya sudah memetakan wilayah dengan kategori kurang rawan, rawan, rawan sekali.

Irjen Pol Herry Wibowo di Aceh Besar, bersama warga, Jumat (29/3).
Irjen Pol Herry Wibowo di Aceh Besar, bersama warga, Jumat (29/3).

“Dengan pemetaan tersebut, kepolisian menentukan pola pengamanan dan cara bertindaknya, Mulai dari pemungutan hingga penghitungan suara. Dari hasil simulasi yg pernah kami lakukan, durasi dalam kegiatan pada hari itu nanti berkisar 17 hingga 18 jam,” kata Irjen Pol Herry Wibowo. Ayo kita bersama-sama menciptakan Pemilu 2019 yg Aman, Damai dan Sejuk serta berkualitas (*)

 

Sejumlah penari dalam kegiatan bakti sosial Mabes Polri di Aceh Besar, Jumat (29/3). (Istimewa)

 

Kepala Korp Pembinaan Masyarakat (Kakorbinmas) Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam) Mabes Polri Irjen Pol Herry Wibowo di Aceh Besar, Jumat (29/3). (Istimewa)

Sumber: Kakorbinmas Polri/Ant
Editor: Redaksi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini