oleh

Kapal KM Lestari Dikandaskan, Evakuasi Penumpang Terus Dilakukan

BulukumbaDetakpos – Kementerian Perhubungan cq. Ditjen Perhubungan Laut membenarkan telah terjadi kecelakaan laut yang menimpa kapal penyeberangan KM. Lestari Maju di perairan Selayar Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan pada Selasa (3/7) pukul 14.30 WITA.

“Saat ini kapal tersebut telah dikandaskan di perairan Selayar sekitar 300 meter dari pantai Pabadilang, Selayar dan sebagian penumpang telah berhasil dievakuasi. Sebagian lagi masih berada di atas kapal,” kata Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Bulukumba, Zainuddin, dalam release, Selasa (3/7).

Ia  mengatakan bahwa Kapal KM. Lestari Maju sedang berlayar menuju Kab. Selayar yang diindikasikan kemasukan air akibat cuaca buruk.

Para penumpang kapal KM Lestari Maju yang berjumlah 139 orang saat ini sedang dalam proses evakuasi oleh kapal-kapal nelayan dan tim evakuasi dari Basarnas.

“Adapun kapal-kapal besar tidak dapat mendekat dikarenakan cuaca buruk,” ucapnya menjelaskan.

Ia merinci kapal tersebut membawa kendaraan roda dua sebanyak 18 unit, kendaraan roda empat sebanyak 14 unit, kendaraan golongan 5 sebanyak delapan unit dan kendaraan golongan enam sebanyak delapan unit dengan jumlah total seluruhnya 48 unit kendaraan.

Ia menambahkan seluruh penumpang telah mengenakan jaket keselamatan (life jacket) serta telah mengikuti prosedur keselamatan di atas kapal dengan panduan dari Nakhoda dibantu kru kapal.

“Ditjen Perhubungan Laut terus memonitor dan memberikan bantuan semaksimal mungkin guna mengevakuasi para penumpang KM Lestari Maju,” ucapnya.

Dari keterangan yang diperoleh dalam kejadian tenggelamnya Kapal KM Lestari Maju, selain mengakibatkan enam korban jiwa penumpang, juga uang BPD sebesar Rp30 miliar ikut tenggelam.

Data di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bulukumba menyebutkan uang Rp30 miliar itu, diangkut dengan menggunakan mobil kas, dan ikut tenggelam. Penumpangnya kapal yang tenggelam itu sebanyak 39 orang, tenggelam karena di lambung kapal. (*/d1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini