oleh

Kapolda: Banjir Bengawan Solo Ganggu Jalan Pantura Lamongan

BojonegoroDetakpos –  –  Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Machfud Arifin mengatakan bencana banjir luapan Bengawan Solo di hilir, Jawa Timur, Bojonegoro, Tuban dan Lamongan, masih terkendali, meskipun menganggu jalan raya pantura.

“Seperti yang disampaikan Bapak Bupati Bojonegoro tadi bahwa kondisi banjir terkendali. Di Lamongan banjir menganggu jalur Pantura yang terendam air banjir,” kata dia di Bojonegoro, Selasa (27/2).

Selain itu, lanjut dia, dampak banjir luapan Bengawan Solo di hilir, membawa pengaruh warga menderita penyakit gatal-gatal juga penyakit lainnya. Selain itu, di Tuban, ada anak warga yang tewas tenggelam ketika bermain-main di genangan banjir.

“Di Pantura Lamongan, ada jalan yang tergenang. Saya tinjau untuk memberikan masukan penanganan. Ya paling tidak jalan di Pantura Lamongan itu ditinggikan,” ujarnya.

Menjawab pertanyaan, ia menegaskan bahwa pengamanan pemilihan kepala daerah (pilkada) di wilayahnya tidak terganggu bencana banjir yang terjadi beberapa hari terakhir..

“Pengamanan pilkada tetap berjalan, meskipun petugas juga ikut menangani bencana,” katanya menegaskan.

Meski demikian, pihaknya tetap mewaspadai adanya ancaman berbagai bencana di Jawa Timur, yang dipengaruhi curah hujan tinggi selama Februari-Maret.

“Kewaspadaan tetap kita lakukan dalam menghadapi bencana,” ujarnya.

Ia yang didampingi Bupati Bojonegoro Suyoto, juga Kapolres AKBP Wahyu Sri Bintoro, menyerahkan bantuan sembako kepada korban banjir luapan Bengawan Solo di Desa Ledokwetan, Kecamatan Kota, juga meninjau rehab rumah roboh korban banjir.

Sebuah rumah di desa setempat atapnya roboh, akibat tanah di dekat Bengawan Solo itu longsor, pada Minggu (25/2).

Bupati Bojonegoro Suyoto menyatakan jajarannya juga polres, juga TNI, dan pihak lainnya sangat siap menghadapi meluapnya Bengawan Solo di daerahnya yang merendam 60 desa tersebar di 11 kecamatan di daerah setempat.

“Dampak terberat ada tanaman padi sekitar 200 hektare yang rusak terendam air banjir,” kata Suyoto kepada Irjen Pol. Machfud Arifin. (*/d1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini