oleh

Kapolres Bojonegoro Pimpin Pengamanan Demo di Blok Cepu

BojonegoroDetakpos – Kapolres Bojonegoro, Jawa Timur,  AKBP Wahyu S. Bintoro, SH., SIK., M.Si memimpin pengamanan demo yang digelar ratusan anggota  organisasi Pemuda Pancasila (PP) di  “fly over” kawasan lapangan minyak Blok Cepu, Rabu (14/03/2018.

Ikut dalam pengamanan demo yang berlangsung sekitar 30 menit yaitu Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Arh. Redinal Dewanto, S.Sos, Wakapolres Bojonegoro Kompol Dodon Priyambodo, SH., SIK., M.Si.

Dalam orasinya Ketua koordinator demo PP Bojonegoro Hadi, mengatakan bahwa EMCL selaku operator migas blok Bojonegoro tidak ada pengaruhnya sama sekali terhadap pendapatan daerah.

Tetapi pada kenyataan masyarakat yang terdampak masih berada di garis kemiskinan dan masyarakat lokal jadi penonton saja, masyarakat luar daerah dan asing yang menjadi penikmat.

Selain itu, EMCL harus bertanggung jawab atas semua korban diduga keracunan yang menghirup bau H2S dari cerobong flare EMCL untuk segera permasalahan diselesaikan tanggung jawab moral maupun material dihadapan hukum.

“EMCL sudah mengakui kejadian tersebut tetapi jangan hanya meminta maaf saja harus bertanggung jawab secara hukum nasib korban tersebut”, ucap dia menegaskan.

Dalam aksi demo tersebut, Pemuda Pancasila juga menuntut agar EMCL lebih peduli untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat sekitar proyek Migas.

Selain itu, sebagai ormas kepemudaan Pemuda Pancasila juga akan mengawal terhadap janji EMCL untuk meningkatkan kesejahteraan warga sekitar proyek Migas.

“Kami meminta pihak EMCL untuk lebih banyak mempekerjakan pemuda lokal yang belum bekerja”, imbuh Hadi.

Sementara itu, Kapolres Bojonegoro yang memimpin langsung pengamanan aksi demo mengucapkan bahwa Polisi akan mengawal jalannya aksi hingga selesai dengan cara yang humanis serta sesuai SOP pengamanan demo dalam Kepolisian.

Selain itu juga, untuk mengamankan jalannya aksi, Polres Bojonegoro juga telah menerjunkan beberapa anggotanya sebanyak 1 kompi pasukan.

“Untuk mengamankan jalannya aksi hingga selesai, kami telah menerjunkan sebanyak satu kompi pasukan,” katanya.

Polres Bojonegoro akan selalu over estimate dalam menghadapi setiap even giat masyarakat dengan bekerjama dengan TNI dan instansi terkait sebagai upaya menciptakan situasi kamtibmas agar tetap kondusif diwilayah Bojonegoro.

Aksi demo berakhir setelah adanya pertemuan antara perwakilan pendemo berjumlah 10 orang dengan management EMCL serta Muspika Kecamatan Gayam. (*/d1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini