oleh

Kelenteng Tuban Gelar Barongsai, Babinsa Karangsari Terlibat Pengamanan

Tuban Detakpos –  Kelenteng Kwan Sing Bio Tuban, Jawa Timur, Minggu (16/7/2017), menggelar kesenian Barongsai untuk merayakan hari ulang tahun (HUT) kelenteng setempat, dengan melibatkan pengamanan dari Babinsa KelurahanKarangsari, Kecamatan Kota.

Kordinator HUT Kelenteng Kwan Sing Bio Tuban Alim Sugiantoro, mengatakan kesenian barongsai yang digelar itu melibatkan 63 seniman barongsai.

Menurut dia, selama acara berlangsung dipastikan akan dipenuhi oleh para umat yang datang dari berbagai daerah di Tanah Air.

“Mereka biasanya sudah menginap di kelenteng beberapa hari sebelum acara. Pihak panitia juga sudah menyiapkan tempat mereka menginap di aula,” katanya menegaskan.

Atraksi barongsai ini merupakan hiburan untuk merayakan ulang tahun Kwan Bin Bajo yaitu ajaran agama di Kelenteng Kwan Sing Bio Tuban. Katanya.

Dalam kegiatan itu Danramil 0811/01 Kota Kapten Inf Lasmito memerintahkan Babinsa Karangsari Sertu Karmito untuk melaksanakan pengamanan selamanya jalannya acara di kelenteng di tepi laut di Jalan RE Martadinata Kelurahan Karangsari Kecamatan Tuban. Minggu (16/7/2017)

Permainan barongsai yang rata-rata masih duduk dibangku sekolah dasar ini terihat nampak lincah dalam memainkan barongsai. Dalam permainannya, empat barongsai yang dimainkan anak-anak ini memberikan penghormatan kepada orang yang hendak membagikan angpao.

Babinsa Sertu Larmito menjelaskan ratusan penonton antusias menyaksikan atraksi barongsai ini, karena sudah menjadi tradisi.

“Sejumlah ibu-ibu juga ikut unjuk gigi mempermainkan atraksi barongsai dengan jenis naga dan bahkan ibu-ibu sampai hapal,” kata dia, yang biasa dipanggil warga Bang Mito itu. (tim detakpos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini