oleh

Ketua DPR Minta Kelayakan Jalan Tol Dievaluasi

JakartaDetakpos– kecelakaan beruntun terjadi di ruas Tol Purbaleunyi KM 91, Kabupaten Purwakarta (2/9), melibatkan 20 kendaraan yang terdiri dari kendaraan pribadi, truk dan bus, serta menyebabkan 28 orang menjadi korban dan 8 orang diantaranya meninggal dunia.

Ketua DPR Bambang Soesatyo
(Bamsoet) menyampaikan rasa bela sungkawa dan duka cita yang mendalam kepada keluarga yang ditinggalkan, serta meminta pihak berwajib untuk melakukan investigasi dan memaparkan penyebab kecelakaan tersebut.

Bamsoet mendorong Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) untuk evaluasi kelayakan jalan tol (kondisi jalan, rambu, penerangan, dan fasilitas).

“Apakah sudah sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan memastikan evaluasi tersebut berjalan secara berkala yang diimbangi dengan adanya perbaikan pada jalan tol guna memberikan rasa nyaman dalam berkendara,”tutur dia di Jakarta, Selasa (3/9).

Dia juga mendorong Kementerian Perhubungan memperketat pengecekan tonase dan dimensi kendaraan truk dan kontainer untuk memastikan tidak ada kendaraan yang membawa muatan melebihi jumlah berat yang diizinkan (JBI),.

“Itu untuk menghindari terjadinya kecelakaan mengingat banyak kasus kecelakaan terjadi akibat kendaraan yang kelebihan muatan,”tutur dia.

Kepolisian selaku pihak berwenang yang mengeluarkan Surat Izin Mengemudi (SIM) untuk memperketat pemberikan SIM pada masyarakat, agar dapat memastikan pengendara yang memiliki SIM betul-betul mampu memahami cara berkendara dengan baik dan benar sesuai dengan aturan yang belaku;

“Mengimbau kepada seluruh pengendara kendaraan bermotor agar selalu berhati-hati dan mengutamakan keselamatan dalam berkendara, dan selalu memperhatikan setiap rambu yang telah dipasang dan arahan petugas di jalan,” pungkas Bamsoet.(d/2)

Editor: A Adib

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini