oleh

Lamongan Keluarkan Panduan Agar Daging Tidak Busuk

Lamongan – Detakpos –  Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Lamongan, Jawa Timur, mengeluarkan panduan, agar dalam perlakukan daging hewan kurban tidak mencampurnya dengan jeroan.

“Jika dilakukan dapat mengakibatkan daging cepat busuk,” kata Kabag Humas dan Protokol Pemkab Lamongan Agus Hendrawan, Kamis (31/8/2017).

Oleh karena itu, lanjut dia, panduan itu disosialisasikan kepada berbagai pihak  agar daging kurban pada Hari Raya Idul Adha yang dibagikan bisa terjaga kualitasnya.

Menurut Kepala DPKH Lamongan Sukriyah, tata cara perlakuan daging kurban itu juga akan disampaikan saat melakukan pengawasan penyembelihan oleh tim DPKH.

“Jangan pernah mencampur daging kurban dengan jeroannya. Hal tersebut akan mempercepat pembusukan,” ujarnya.

Jadi sejak dipotong, ia meminta penempatannya sudah harus dipisah dengan daging. Selian itu, agar dipisahkan antara daging, jeroan merah dan jeroan hijau.

“Daging dan jeroan merah tidak perlu dicuci. Sedangkan jeroan hijau seperti usus harus dicuci sampai bersih, “  katanya menambahkan.

Sementara untuk bagian hewan kurban yang tidak terpakai, seperti darah dan kotoran sisa kurban, di meminta sebaiknya dikubur dalam tanah. Karena selain tidak merusak lingkungan, juga dapat mencegah timbulnya bakteri. (*/d1/detakpos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini