oleh

Lantunkan ”Yalal Wathon” Saat Sa’i Spontanitas Anggota Banser

Jakartadetakpos-Sejumlah anggota Banser GP Ansor melantunkan syair ”Yalal Wathon” saat melakukan Sa’i. Asykar (polisi) yang bertugas saat itu tidak melarang.

Polisi malah senyum-senyum dan selfie besama anggota Banser yang melantunkan syair yang diciptakan KH Wahab Hasbulloh itu.

”Jadi, syair ”Yalal Wathon” yang dikumandangkan Banser di Mas’a (tempat sa’i) itu adalah murni spontanitas,”ungkap Ketua Umum PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas (Gus Tutut), di Jakarta, Kamis (1/3).

Menurut Gus Tutut, spontanitas yang muncul dari kebiasaan selama ini terus dilakukan oleh sahabat-sahabat Banser di Tanah Air atas situasi yang terus dirasakan mengancam persatuan Bangsa. Ketika sa’i itu, ada ruang kosong sekitar 20 meter menjelang bukit Marwa.

”Di situlah spontanitas muncul. Sekali lagi, karena semata-mata kecintaan kepada Tanah Air. Jadi sama sekali tidak ada muatan politi,”tegas Gus Tutut.Nah, jika apa yang muncul dari spontanitas itu dianggap mengganggu hubungan diplomatik Indonesia dan Saudi Arabia tentu pihaknya tidak pernah menduga akan sampai segitu.

” Kenapa? Karena saat itu sebagian sahabat-sahabat yang ikut sa’i menyaksikan beberapa askar (petugas keamanan) di sana senyum senyum dan mengambil foto rombongan. Dan saat itu, tidak ada teguran dari mereka,”tutur dia.

Akan tetapi, Gus Tatut menyatakan, jika memang itu mengganggu hubungan diplomatik dua negara, ”Tentu kami mohon maaf.

Ada spirit kebangsaan dan spirit membawa Islam ramah dan rahmah sebagaimana yang dipraktikkan oleh Muslim di Indonesia ke seluruh belahan dunia, termasuk di Saudi.”

Sebelumnya, sempat heboh dengan munculnya video tentang jamaah umrah Indonesia yang melakukan Sa’i di Makkah muncul video yang memperlihatkan jamaah umrah yang melakukan Sa’i dengan melantunkan lagu ”Yalal Wathon.”

Lagu tersebut diciptakan pendiri Gerakan Pemuda Ansor, Kiai Abdul Wahab Hasbullah. Video yang muncul di Youtube tersebut diunggah oleh akun Travelia Alakbar pada 24 Februari 2018.

Menanggapi hal tersebut, Kasubdit Bimbingan Jamaah, Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Endang Jumali, mengatakan, pihaknya tengah bertabayun dengan Ansor. Karena menurutnya, yang bersangkutan adalah kelompok GP Ansor Nahdlatul Ulama (NU).(d2)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini