oleh

Menlu RI: Malaysia Meminta Maaf pada Indonesia

JakartaDetakpos– Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi telah melakukan komunikasi dengan Menlu Malaysia Dato Sri Anifah Haji Aman Minggu (20/8/2917), pagi.

” Pemerintah Malaysia sudah meminta maaf secara  tertulis soal warna bendera terbalik,” ujar Menlu dihubungi via WA.

Menurut Retno,  Kementerian Luar Negeri, Malaysia telah menjelaskan tentang flagan Indonesia  dalan buku soevenir resmi untuk ceremoni pembukaan permainan laut Keempat dari Pemerintah Malaysia.

Dalam siaran pers, lanjut Retno, Kementerian Luar Negeri Malasia ingin mengungkapkan penyesalan atas kesalahan yang tidak disengaja yang dibuat oleh Malaysian Organizing Committee (MASOC) atas publikasi salah buku Indonesia di buklet suvenir resmi Upacara Pembukaan Laut ke-29 Pertandingan yang diadakan pada 19 Agustus 2017.

”Juga atas nama Pemerintah Malaysia, kami ingin menyampaikan permintaan maaf kami kepada Pemerintah dan rakyat Republik Indonesia,” tulisnya dalam rilis yang diterima, Minggu (20/8/2017).

Dalam hal ini pihaknta ingin meyakinkan Pemerintah RI, bahwa semua tindakan telah diambil untuk mengatasi situasi yang tidak menguntungkan ini. ” Yang Terhormat Brigjen Khairy Jamaludddin, atas nama panitia telah bertemu dengan rekannya, Yang Mulia Bapak Imam Nahwari, Menteri Pemuda dan Olah Raga Indonesia untuk menjelaskan kesalahan yang disesalkan dan menyampaikan permintaan maafnya atas nama MASOC.”Ditegaskan,  Malaysia menempatkan pentingnya Hubungan persaudaraan yang dekat dan mengakar dengan Indonesia. ” Memang, peringatan 60 tahun pembentukan hubungan diplomatik tahun ini adalah kesempatan yang telah kita investasikan untuk mendedikasikan kembali diri kita kepada nilai, budaya dan takdir kita bersama.

“Dalam semangat inilah Menlu Malaysia berharap dan percaya bahwa kedua negara akan terus berinteraksi erat dan dalam melakukannya, memperkuat hubungan antara kita dan di dalam wilayah secara keseluruhan.(d2/detakpos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini