oleh

Nelayan Bengawan Solo Peroleh Bantuan “Konkit”

Tuban Detakpos – Sebanyak 63 nelayan perairan Bengawan Solo di Kecamatan Widang dan Plumpang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, memperoleh bantuan “konverte kit” atau mesin berbahan bakar epliji dari Kementerian ESDM sebagai usaha menghemat biaya nelayan dalam mencari ikan.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan dan Peternakan Pemkab Tuban Priyo Anggoro, di Tuban, Rabu (20/9/2017), menjelaskan nelayan di wilayahnya yang memperoleh bantuan konkit tidak hanya nelayan laut, tetapi juga nelayan Bengawan Solo.

“Nelayan Bengawan Solo di Widang dan Plumpang selama ini memanfaatkan mesin perahu dengan bahan bakar bensin, sehingga memperoleh bantuan konkit dengan bahan bakar elpiji,” ucapnya menjelaskan.

Sesuai data, di Kabupaten Tuban tahun ini memperoleh bantuan konkit dari Kementerian ESDM sebanyak 566 paket konkit dan tahun lalu sebanyak 330 konkit. Sedangkan nelayan Widang yang memperoleh bantuan paket konkit sebanyak 46 nelayan dan Widang 16 nelayan.

“Kami mengharapkan nelayan tidak menjual konkit, sebab nantinya yang menikmati hasilnya juga nelayan sendiri,” kata dia menjelaskan.

Seorang nelayan asal Desa Widang, Kecamatan Widang, Tuban Kanizah menjelaskan masih banyak warga di Kecamatan Widang yang mengangantungkan hidupnya dengan mencari ikan di Bengawan Solo.

“Nelayan Bengawan Solo Widang mencari ikan di sekitar Bendung Gerak Bengawan Solo di Babat, Lamongan,” kata dia menjelaskan.

Pimpinan Pengawas PT Estensa Winatya Fakta Jakarta Andyka Fuad Ibrahim, selaku penyalur konkit menjelaskan konkit berbahan bakar elpiji ini bisa menghemat enam kali dibandingkan perahu nelayan memanfaatkan bahan bakar besin.

Pada kesempatan itu, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Ego Syahrial dengan didampingi Wakil Ketua Komisi VII DPR Satya Yudha secara simbolis menyerahkan bantuan konkit kepada petani di Mangrove Center, Tuban.

 Pada tahun 2017,  dibagikan  16.981 paket konkit dengan anggaran  Rp 120,92 miliar untuk 26 kabupaten/kota yaitu Kabupaten Demak, Pasaman Barat, Banyuwangi, Jembrana, Tuban, Lombok Barat, Lombok Timur, Makasar, Gorontalo, Karangasem, Pasuruan, Cilacap, Sukabumi, Probolinggo, Mamuju, Labuhan Batu, Agam, Pemalang, Pekalongan, Lamongan, Malang, Maros, Jeneponto, Sopeng dan Kota Padang, Makassar dan Surabaya(*/d1/detakpos

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini